835 Sabtu, 20 September 2014 | 02:14:50

Cermat Sebelum Membeli atau Menyewa Ruko

cermat-sebelum-membeli-atau-menyewa-rukocentury 21 graha

Investasi ruko atau rumah toko memang menarik, terlebih jika anda memiliki akses dan lokasi yang bagus, maka ruko dapat disewakan dan anda akan mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga ruko itu sendiri (capital gain), ataupun dari yield (keuntungan nilai sewa pertahun) yang menggoda anda. Namun sebaiknya ikuti dulu kiat-kiat berikut ini, sebelum anda membeli atau menyewakan ruko.

Hingga saat ini pembelian ruko dengan cara KPR masih menjadi pilihan utama, Tetapi perhatikan juga beberapa hal penting sebelum anda memutuskan metode dalam pembelian ruko.

“Hal terpenting yang harus dicermati adalah tingkat agunan,” ucap Ali Tranghanda selaku Direktur Eksekutif Indonesia Property watch. “Jangan berharap pada uang sewa tahunan ruko, untuk membayar  cicilan ruko, hal tersebut merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan,” lanjutnya.

Di pihak lain, Pendiri Pusat Studi Properti Indonesia, Panangian Simanungkalit menjabarkan. Apabila ingin membeli rumah toko menggunakan cara pembayaran KPR, sebaiknya pembeli atau investor harus mendapat kepastian bahwa sertifikat bangunan tersebut akan di deliver, sebab sekarang ini banyak ditemukan pengembang yang suka nakal atau tidak tertib.

“Demi menghindari kerugian, alangkah baiknya jangan mengambil cicilan yang jangka waktunya lebih sebentar dibandungkan masa pembangunan ruko. Contohnya untuk waktu konstruksi 8 sampai 12 bulan, gunakan cicilan pembayaran dengan jangka waktu 12 sampai 16 bulan saja,” ucapnya.

Sementara itu untuk menentukan tarif sewa, harus diperhatikan yield nya, yang mana biasanya yiel ruko berada diatas dibandingkan yield rumah.

“kian tingginya harga ruko, umumnya mempunyai yield yang semakin rendah,” kata Panangian.

Sedangkan Ali berpendapat, biasanya ruko di sewakan kepada pihak ke tiga dengan yield berkisar 5 persen hingga 6 persen. “Yang paling tinggi dari menanam modal di ruko umumnya ialah tingkat capital gain atau peningkatan harga ruko tersebut,” tutur ali.

“Sebagai investasi, rumah toko sebaiknya direntalkan kepada badan keuangan, termasuk bank ataupun kantor franchise, sebab pada umumnya mereka akan mengontrak dalam kurun waktu lumayan lama, dengan DP yang besar,” sambungnya.

Sumber : rumahCom

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi