378 Sabtu, 20 September 2014 | 01:33:07

Tentukan Jenis KPR yang Sesuai Untuk Anda

tentukan-jenis-kpr-yang-sesuai-untuk-andawordpress : bicarabicara

Pada bank-bank umumnya, kita pasti telah mengetahui bahwa ada dua  jenis prosedur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang di tawarkan. Yang pertama ialah bank yang memberikan penawaran langsung KPR dengan bunga fixed atau tetap di awal tahun. Yang kedua adalah bank yang memberikan penawaran KPR dengan bunga floating atau naik turun.

Lalu, jenis KPR manakah yang kira-kira sesuai  dengan anda? Sudah pasti sebagai nasabah, kita tidak boleh mudah tergoda dengan penawaran-penawaran menarik dari perbankan. Untuk menghindari dari kerugian yang besar, alangkah baiknya kita lebih selektif sejak pertama melakukan permohonan  KPR dari pada menyesal dikemudian hari.

Berdasarkan perencana keuangan di kolom kiat kocek, pada sebuah  majalah Kontan, Ligiwina Poerwohananto mengatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengambil keputusan menggunakan jasa KPR dari sebuah bank.

Ligiwana menganjurkan , apabila diberikan pilihan antara bunga floating dengan fixed sementara, sebaiknya pilihlah bunga floating dibandingkan dengan bunga fixed. Hal tersebut disebabkan oleh mayoritas bank konvensional yang menetapkan bunga fixed, ketika memasuki masa folating akan mendongkrak suku bunga jauh di atas suku bunga yang beredar di pasaran.

Pastinya hal tersebut akan sangat mengejutkan anda, karena saat anda menjajaki masa bunga floating tagihan anda akan melonjak drastis. Pada umumnya, sebagian besar penyebab agunan KPR mengalami kemacetan ialah, ketidakmampuan membayar tagihan KPR oleh nasabah ketika saat menjajaki masa bunga floating. Jadi sepatutnya cermati dahulu perjanjian KPR anda, sebelum menentukan untuk menggunakan tipe KPR bank yang bersangkutan.

Keutamaan bank yang merekomendasikan KPR dengan bunga floating, dibandingkan dengan bank yang memanfaatkan KPR bunga fixed yang cuma beberapa tahun lamanya ialah, sepanjang sejarah, mereka belum pernah menetapkan buga jauh di atas suku bunga patokan rata-rata. Apabila dibandingkan bank yang memberlakukan bunga fixed, turun naik bunga yang mereka tentukan justru lebih masuk akal dan lebih sedikit.

Ligiwana juga mengingatkan agar tidak terhipnotis dengan hebohnya promo bunga rendah dari bank. Perhatikan selalu metode perhitungan bunga yang berlaku pada tiap-tiap bank, dan pilihlah KPR bank yang terbuka dalam penjelasan mekanisme pembayaran beban KPR selanjutnya. Setelah melakukan hal tersbut baru tentukanlah jenis KPR yang cocok dengan kocek anda.

Sumber : rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi