285 Sabtu, 13 September 2014 | 02:27:02

Panduan Membeli Rumah Susun.

panduan-membeli-rumah-susunlangsungpilih

Terbatasnya ketersediaan lahan di kota besar merupakan salah satu masalah bagi kita, untuk dapat membangun sebuah rumah di perkotaan. Selain itu masalah lainnya yang harus dihadapi adalah tingginya nilai jual tanah di wilayah tersebut. Rumah susun merupakan salah satu jalan keluar yang tepat untuk menanggulangi permasalahan tersebut, dengan cara membangun atau membeli rumah susun sebagai tempat tinggal.

Jakarta contohnya, cukup banyak jumlah rumah susun atau apartemen yang dibangun dan bisa menjadi opsi anda sebagai tempat tinggal, Namun berhati-hatilah, kita tidak bisa sembarangan membeli rumah susun, karena puluhan juta rupiah bisa menghilang cuma-cuma bila anda tidak teliti ketika membeli.

Cermat sebelum membeli rumah susun dengan memperhitungkan beberapa sudut penting berkaitan dengan hal seperti perusahaan pendiri bangunan, bentuk rumah, lokasi dan yang lainnya. Kita dapat melakukan transaksi ketika rumah susun sudah rampung atau ketika hunian tersebut masih dalam proses pembangunan.

Berikut beberapa hal yang harus cermati ketika akan rumah sususn ;

1.    Mencari sejarah perusahaan pembangun rumah susun.
Anda dapat menghubungi atau mendatangi Asosiasi Perhimpunan Penghuni Rumah Susun Seluruh Indonesia (APERSSI) untuk mengetahui apakah perusahaan pembangun rumah susun profesional atau tidak. Cari tahu secara mendalam seluk beluk pihak pendiri rumah susun tersebut, agar anda terhindar dari perlakuan pengusaha rumah susun yang tidak sesuai dengan hukum.

2.    Memastikan Legalitas Bangunan
Sebelum membeli rumah periksalah legalitas atau surat-surat yang berhubungan dengan pembelian rumah susun, seperti surat izin prinsip, Surat Izin Penggunaan Peruntukan Tanah (SIPPT), Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) serta Surat Hak Guna Bangunan (HGB). Anda juga harus memeriksa validitas dan keaslian dari surat-surat tersebut kepada pihak terkait yang menerbitkan surat-surat penting tersebut secara resmi.

3.    Lokasi
Anda perlu mengetahui dengan pasti apakah tempat rumah susun dibangun tersebut merupakan daerah yang rawan banjir atau tidak. Atau apakah lokasinya berada di wilayah yang padat dan ramai. Oleh sebab itu lokasi merupakan faktor penting yang menjadi pertimbangan dalam membeli rumah susun.
Jika anda menginginkan rumah tinggal yang memberikan rasa ketenangan, sebab itu hindari membeli rumah susun yang berlokasi di kawasan deket taman hiburan atau pusat perbelanjaan. Karena lokasi tersebut berpotwnsi tinggi pada ramainya orang yang berkunjung atau ramainya kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan.

Sumber : rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

Pencarian Referensi