180 Jum'at, 23 Mei 2014 | 12:17:57

Pintar Tentukan Harga Tanah

pintar-tentukan-harga-tanah

Tanah merupakan salah satu alat investasi yang cukup menjanjikan. Sama seperti rumah, harga tanah akan selalu mengalami kenaikan. Sebelum membeli tanah ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Begitu juga saat ingin menjual tanah, ada banyak hal yang dijadikan acuan. Berikut ulasannya.

Stok dan permintaan
Hal ini tentu akan sangat mempengaruhi harga tanah. Perhatikan dengan cermat ketersediaan tanah di lingkungan tersebut dan antusiasme pasar akan tanah di lingkungan itu. Bila tanah yang tersedia terbatas sedangkan antusiasme pasar cukup tinggi maka dapat dipastikan harga tanah akan meningkat tajam.

Status kepemilikan dan ijin penggunaan
Disarankan untuk mengurus lengkap surat-surat tanah, Ubahlah surat girik menjadi sertifikat tanah. Ini jelas akan berpengaruh untuk meningkatkan harga tanah. Ditambah lagi cermati dengan benar mengenai ijn penggunaan tanah. Bila tanah mendapat ijin untuk dikembangkan diluar tempat tinggal, maka akan lebih banyak peluang untuk menaikkan harga tanah.

Sifat dan Bentuk
Sifat tanah tentu akan sangat mempengaruhi harga jual. Sifat tanah seperti tanah rawa, liat,dsb tentu akan menjadi informasi yang dibutuhkan oleh pembeli. Bentuk tanah terhadap jalan di depannya akan menentukan bentuk bangunan yang dapat dibangun di atasnya.

Posisi
Posisi tanah tidak hanya arah hadap yang mengikuti mata angin tapi juga posisi tanah terhadap sekitarnya seperti dekat dengan pasar, klinik, dsb. Semakin banyak fasilitas umum yang berada di dekat tanah tersebut membuat harga tanah semakin tinggi.

Struktur dan Letak
Struktur tanah meliputi tampilan tanah dibandingkan dengan sekitar seperti tinggi atau rendah dibandingkan jalan. Sedangkan letak menunjukkan lokasi dimana tanah tersebut berada. Misal di belokan atau hook.

Fasilitas dan Rencana Pengembangan Kota
Fasilitas umum dan sosial jelas akan berpengaruh pada rencana pengembangan kota. Tanah yang berada di daerah yang sedang giat melakukan pengembangan tentulah akan memiliki harga yang perlahan namun pasti ikut bergerak naik.

Sumber : Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi