210 Kamis, 22 Mei 2014 | 01:31:23

Pintar Tentukan Harga Rumah

pintar-tentukan-harga-rumah

Rumah merupakan kebutuhan primer bagi semua orang. Dalam membeli rumah ada banyak hal yang dipertimbangkan. Salah satunya adalah harga rumah. Orang umumnya sudah mengukur berapa batasan dana yang mampu dikeluarkan untuk membeli rumah. Tidak semua penjual rumah menjual rumah berdasarkan harga pasaran, ada juga yang karena butuh uang, memberikan harga di bawah harga pasaran.

Berikut hal yang dapat dilakukan untuk menentukan harga rumah.

Browsing
Kemajuan tehnologi memudahkan Anda untuk mencari berbagai informasi termasuk harga rumah. Ada banyak situs penjualan properti yang dapat Anda kunjungi. Umumnya situs tersebut juga menampilkan data serta harga rumah.

Buat perbandingan
Disarankan untuk mengunjungi beberapa rumah yang dijual yang berada pada lokasi yang sama. Ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mengetahui kisaran harga di lokasi tersebut.

Surat rumah
Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu surat yag harus dimiliki sebuah rumah. Perhatikan Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) rumah tersebut. Biasanya harga maksimal rumah adalah dua kali dari nilai  NJOP.

Jasa appraiser  (ahli taksir)
Bila Anda tidak memiliki cukup waktu, disarankan untuk menggunakan jasa appraiser  (ahli taksir). Kondisi bangunan dan renovasi yang diperlukan. Jumlah ruangan, usia rumah, fasilitas yang tersedia di sekitar rumah dan kondisi lingkungan dan akses ke rumah merupakan acuan yang digunakan appraiser  (ahli taksir) untuk menentukan harga rumah.

Sumber : Intisari Online

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi