257 Sabtu, 17 Mei 2014 | 03:50:14

Kenali Pentingnya Sertifikat Tanah

kenali-pentingnya-sertifikat-tanah

Sertifikat tanah merupakan salah satu dokumen penting yang wajid dimiliki oleh Sang pemilik tanah. Sertifikat tanah merupakan salinan buku tanah dan didalamnya terdapat gambar situasi dan surat ukur serta memuat data fisik dan data yuridis sesuai dengan data yang ada dalam surat ukur dan buku tanah hak yang bersangkutan.

Data fisik mencakup keterangan mengenai letak, batas, dan luas tanah sedangkan data yuridis mencakup keterangan mengenai status hukum bidang tanah, pemegang haknya dan hak pihak lain serta beban-beban lain yang membebaninya.

Data fisik dan data yuridis dalam Buku Tanah diuraikan dalam bentuk daftar, sedangkan data fisik dalam surat ukur disajikan dalam peta dan uraian.

Berikutnya ulasan mengenai pentingnya sertifikat tanah bagi Sang pemilik tanah :

Kepastian hukum
Sertifikat tanah mencantumkan nama dari pemilik tanah. Ini akan menghindarkan dari sengketa tanah.

Nilai ekonomis
Pemilik tanah mempunyai hak penuh atas tanah yang sudah bersertifikat tersebut sepanjang tidak melanggar hukum. Pemilik bukan hanya dapat menyewakan tanah tapi juga bisa membuat sertifikat tanah sebagai jaminan hutang.

Pembatasan luas
Sertifikat tanah  dimaksudkan untuk mencegah pemilikan tanah dengan luas berlebihan yang ditentukan oleh peraturan perundang-undangan.

Sumber : Tanyahukum

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi