145 Selasa, 15 April 2014 | 10:49:59

Beli Baru atau Seken?

beli-baru-atau-seken

Apartemen bukan saja menjadi gaya hidup tapi juga sudah menjadi kebutuhan hidup. Keterbatasan lahan menjadi faktor pemicu dan pendorong hal tersebut. Ada dua pilihan apartemen yaitu apartemen baru dan seken. Sebelum memutuskan membeli yang mana, bandingkan dulu plus minus apartemen baru dan seken.

* Waktu Penggunaan
Jangka waktu penggunaan apartemen bergantung pada status legalitas apartemen (apakah HGB, HGB atas HPL, dll), Semisal jangka waktunya 20 tahun, bila Anda membeli apartemen baru makan selama itu Anda bisa tinggal di unit tersebut namun bila Anda membeli apartemen seken dengan status legalitas yang sama yang sudah berumur 10 tahun maka waktu Anda untuk bisa menempati unit tersebut, otomatis lebih pendek, tinggal 10 tahun saja.

* Harga dan Kualitas bangunan
Umumnya apartemen seken jauh lebih mahal daripada apartemen yang baru. Ini karena bangunan pada apartemen seken yang sudah berdiri sehingga kualitas dapat dicek langsung serta sarana pendukung yang sudah terbentuk.  Apartemen baru biasa menawarkan gambar saja.

* Waktu
Apartemen seken tidak butuh waktu lama untuk segera Anda tempati setelah proses jual beli diselesaikan, berbeda dengan apartemen baru yang harus menunggu sekitar 18 – 24 bulan untuk bisa menempati unit tersebut.

Nah, sudah menentukan mau membeli yang mana?

Sumber :  Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi