196 Rabu, 02 April 2014 | 01:56:00

Mudahnya Mengurus IMB

mudahnya-mengurus-imb

Anda merasa ribet dan repot ketika mengurus IMB? Kini, semua masalalah itu tak akan terjadi lagi. Warga Jakarta bisa membuat IMB lewat jalur online. Mudah dan murah! Dengan diberlakukannya IMB Online, warga DKI yang ingin mengurus Izin Mendirikan Bangunan, tidak perlu lagi datang ke kantor kecamatan atau Dinas P2B. Warga bisa mengajukan permohonan dari mana saja, seperti dari rumah, kantor, maupun warnet.

“Syaratnya harus ada komputer dan terhubung dengan internet,” kata Heru Hermawanto, Kepala Bidang Perizinan P2B Propinsi DKI Jakarta.

Heru menambahkan, “Melalui komputer yang terhubung ke internet, pemohon IMB bisa langsung membuka website dppb.jakarta.go.id, kemudian mengikuti langkah berikutnya sesuai petunjuk yang ada.”

Lebih cepat
Selain bisa dilakukan dari mana saja, permohonan IMB bisa lebih singkat. Dibutuhkan setidaknya kurang dari 2 jam, mulai dari membuka website dppb.jakarta.go.id, registrasi, memindai (men-scan) dokumen, hingga mengirim (men-submit) semua data yang diperlukan. Bandingkan dengan metode konvensional (non-online), yang mencapai 1 hari.

Tidak hanya saat pengajuan, waktu yang dibutuhkan untuk menerbitkan sertifikat juga menjadi lebih singkat.

“Jika cara konvensional bisa 15 hari, maka melalui IMB Online waktu yang dibutuhkan kurang dari 1 minggu,” Heru menjelaskan

Bisa dihitung sendiri
Selain itu, pemohon IMB melalui IMB Online, Anda  dapat menghitung sendiri biaya retribusi yang harus dikeluarkan. Caranya cukup mudah, yaitu mengalikan tarif IMB dengan Index Terintegrasi. Tarif IMB yang berlaku saat ini adalah Rp25.000 per meter persegi. Index Terintegrasi dapat dihitung menggunakan kalkulator biaya retribusi IMB, yang juga dapat diakses oleh pemohon secara online.

Kelebihan lain dari IMB Online, pemohon bisa memantau tahapan proses yang dilakukan oleh instansi pemerintah tersebut. Hal ini dimungkinkan karena pemohon IMB akan selalu mendapat pemberitahuan (notifikasi) setiap tahap prosesnya  sejak pemohon IMB men-submit permohonannya ke komputer Dinas P2B melalui internet.

Pengaduan IMB Online
Telp./Faks: (021) 021-344 8043 (berlaku hanya pada Jam Kerja)
SMS: 0-888-1-500-800
Email: imbonline@dp2b.co

Anda bisa mendaftar di http://dppb.jakarta.go.id/

Sumber : Tabloid Rumah


📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi