189 Rabu, 02 April 2014 | 11:24:39

Cermati Ini Sebelum Mengambil KPR

cermati-ini-sebelum-mengambil-kpr

Harga rumah saat ini memang tidak murah dan mudah untuk mendapatkannya, tetapi dengan adanya kredit kepemilikan rumah (KPR), Anda dapat menyesuaikan keuangan untuk mendapatkannya. Namun, harus tetap dicermati pula saat akan memilih KPR. Jika tidak teliti hal ini justru akan mengundang malapetaka dikemudian hari. Maksud hati ingin memiliki hunian impian, eh, malah dikejar-kejar bunga kredit yang melambung.

Menurut Indrastomo Nugroho, Vice President Consumer & Retail Lending Bank Negara Indonesia, sekarang ini, setiap Bank sudah memiliki layanan kredit kepemilikian rumah dengan beragam tawaran bunga yang rendah dan juga pelayanan yang cepat.

“Walau sudah banyak pilihan layanan KPR disetiap Bank, tetap harus diteliti terlebih dahulu. Agar suatu saat nanti tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan,” ungkap Indras.

Apalagi, tambahnya, kredit perumahan ini memiliki jangka waktu yang tidak sebentar. Ini ada 3 hal yang patut dicermati saat memutuskan menggunakan KPR, agar aman dikemudian hari:

Pertama, cermati persyaratan dan benefitnya. Contohnya, jika KPR bunga murah 10% per tahun. Harus diteliti benar atau tidaknya. Cek jika yang ditawarkan effective rate, bisa jadi ternyata malah flat rate.

Perhatikan, saat sistem bunga efektif cicilan KPR bersifat floating (bisa naik dan turun mengikuti pasar). Jadi lebih aman pilih suku bunga KPR yang fix dalam beberapa tahun agar keuangan bisa terencana.

Kedua, teliti lagi persyatarannya, ada tambahan atau tidak. Kadang dengan bunga yang rendah,  bank meminta kompensasi lain, seperti bayar asuransi, pajak, dan lain-lainnya ditanggung pihak pengguna KPA. Lebih baik tanyakan pastinya kepada bagian kredit bank terdekat.

Ketiga, cermati kredibilitas bank yang akan menjadi penghubung Anda memiliki sebuah hunian. Menurut Indrastomo, melihat kredibilitas bank itu penting karena surat-surat rumah akan ditahan oleh pihak bank.

”Kredibilitas bank penting karena menyakut surat-surat dan juga transparan terhadap biaya-biaya yang ada. Kan, KPR identik dengan uang, jadi pilih bank yang tepat,” jelasnya.

 
Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi