185 Rabu, 02 April 2014 | 11:22:37

Bijak di Saat Dana Terbatas

bijak-di-saat-dana-terbatas

Membeli rumah merupakan impian semua orang. Kenaikan harga rumah yang meningkat dari tahun ke tahun tak ayal membuat banyak orang cemas tidak dapat mewujudkan impiannya. Berapun dana yang dikumpulkan seakan tidak cukup. Hal ini bisa diatasi dengan melakukan oper kredit rumah.

Apa itu oper kredit rumah? oper kredit merupakan salah satu teknik memiliki rumah dengan harga yang relatif murah. Karena biasanya pihak yang menjual rumah dengan oper kredit sedang terdesak biaya, atau mungkin tidak bisa lagi meneruskan cicilan KPR.

Bagaimana prosesnya?
Oper kredit dilakukan saat kita membeli atau menjual rumah yang masih terikat dengan kredit kepemilikan rumah (KPR) di Bank.  Pembeli harus membayar lunas cicilan KPR pemilik rumah yang lama, sebelum meneruskan cicilan KPR.

Contohnya sebagai berikut. Bayu telah membeli rumah dengan KPR yang berjangka waktu 15 tahun. Kemudian di tahun ke-10, Bayu ingin menjual rumah kepada Rina. Rina dapat membeli rumah itu sesuai harga yang diminta Bayu. Kemudian Bayu akan melunasinya ke Bank. Atau cara lain dengan Rina membayar sesuai keinginan Bayu dan meneruskan cicilan KPR di bank.

Bank yang sama atau tidak?
“Terdapat dua pilihan oper kredit yang bisa dipilih, yaitu meneruskan cicilan dengan bank yang sama seperti pihak pertama (penjual). Pilihan kedua adalah mengalihkan oper kredit KPR dengan bank kepercayaan pihak kedua (pembeli),” ungkap Indrastomo Nugroho, Vice President Consumer & Retail Lending PT. Bank Negara Indonesia Tbk.

Jika memilih oper kredit dengan bank yang sama, pihak pertama dan kedua tidak perlu repot dalam mengurus oper kredit rumah. Karena dokumen rumah yang akan di beli ada pada bank tersebut. Pihak pertama dan kedua hanya perlu melengkapi persyaratan yang akan diajukan oleh bank.

Namun jika pihak kedua memilih menggunakan bank yang lebih ia percaya, proses oper kredit pun akan lebih sulit. Kenapa? Karena masing-masing bank memiliki proses berbeda. Biasanya, proses deal penyerahan dokumen dari bank pihak pertama dan penyerahan uang sisa pembayaran KPR dari pihak kedua ini sulit.

Kehadiran pihak kedua untuk membeli rumah oper kredit akan sangat membantu pihak pertama. Karena itu pihak kedua dapat menawar harga murah dari rumah yang dijual secara oper kredit dan pastinya lebih rendah dari harga pasaran.

Saling menguntungkan, kan?

Sumber : Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi