133 Selasa, 18 Maret 2014 | 09:18:27

Cara Menjual Rumah Lebih Cepat dan Untung

cara-menjual-rumah-lebih-cepat-dan-untung

Menjual rumah memang bukan tugas mudah. Waktu, pikiran, dan tenaga harus dikerahkan hingga rumah terjual dengan harga sesuai keinginan. Sayangnya, keluarga-keluarga yang ingin pindah atau terpaksa menjual rumah karena masalah ekonomi punya sedikit kesempatan dan hanya sedikit persiapan. Laura Gaskill dari Houzz memiliki cara ampuh untuk menjual rumah dengan cepat dan menghasilkan keuntungan. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda tiru.

Pertama-tama, jika sejak awal sudah yakin ingin menghasilkan keuntungan dari rumah yang Anda beli, maka sebaiknya membeli rumah siap jual. Artinya, Anda tidak perlu melakukan banyak pembaruan, perbaikan, dan penyesuaian. Hal-hal ini akan membuat anggaran Anda membengkak.

Meski Anda belum punya pikiran untuk menjual rumah sekalipun, sebaiknya beli rumah yang tidak bermasalah. Cari rumah dengan lanskap yang baik, cantik, atau setidaknya berpotensi. Setelah itu, sebelum membeli rumah, periksa bagian dalam rumah dan buatlah daftar perbaikan. Mulailah dari hal sepele, seperti mengganti bohlam lampu, hingga hal penting dan rumit seperti mengganti atap.

Kedua, singkirkan barang-barang menumpuk di dalam rumah yang ingin Anda jual. Pastikan pembeli potensial melihat rumah Anda dalam kondisi prima. Sedikit barang membuat rumah tampak lebih luas. Hal ini tentu baik bagi citra rumah Anda di benak calon pembeli. Rumah yang padat membuat calon pembeli merasa rumah Anda butuh lebih banyak tempat penyimpanan.

Ketiga, pertimbangkan jasa pihak ketiga untuk membantu menjual rumah. Anda bisa mulai dengan mempekerjakan broker tepercaya. Agen akan menilai rumah Anda secara obyektif. Kemudian, Anda mungkin juga akan memerlukan jasa tukang bangunan, listrik, dan jasa pembersih untuk membuat rumah tampak lebih baik. Namun ingat, sesuaikan dengan anggaran.

Pilih agen proeprti profesional yang Anda percaya. Bicara langsung dengan mereka, nilai juga portofolio mereka selama ini untuk mengetahui kualitasnya. Setelah itu, nilai rumah Anda bersama dengan sang agen. Berdasarkan hal itu, putuskan jika Anda butuh profesional lain untuk memperbaiki dan mempercantiknya.

Keempat, tahan diri Anda, jangan sampai melakukan pengeluaran terlalu banyak untuk "mendandani" rumah yang ingin dijual. Lakukan saja hal-hal penting. Pasalnya, calon pembeli pun kemungkinan sudah punya idenya sendiri.

Kelima, kenali waktu menjual rumah. Konsultasikan dengan broker, baca berita properti, dan coba selalu mendapatkan informasi seputar kondisi sosial-politik di tempat Anda berada. Bila perlu, mulai persiapan setahun sebelum menjual rumah. Selamat mencoba!

Editor    : Hilda B Alexander
Sumber : Kompas


📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi