129 Kamis, 06 Maret 2014 | 10:29:28

Beli Rumah? Perhatikan Kawasan Ini

beli-rumah-perhatikan-kawasan-ini

Berbicara tentang rumah favorit pilihan Anda tentu memiliki dimensi yang berbeda dengan tempat lain. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pengertian favorit bisa berarti ramai diserbu pembeli, penataan lingkungan yang apik sehingga berbeda dengan rumah lain, atau bisa berarti memiliki desain unik, lengkap dengan berbagai fasilitas penunjangnya.

Dalam memilih ataupun membeli rumah favorit Anda wajib berhati-hati dalam menentukan kawasannya. Memang benar faktor utama yang harus diperhatikan adalah faktor lokasi. Dalam membicarakan kawasan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar investasi dalam bentuk rumah mendatangkan dihinggapi keberuntungan dan keuntungan. Berikut beberapa kawasan yang harus dihindari:

1. Kawasan banjir
Sebaiknya Anda menghindari membeli properti di daerah rawan banjir. Kawasan rawan banjir bukan saja dapat membuat harga properti stagnan, namun juga dapat melumpuhkan aktifitas sehari-hari di kala banjir datang.

2. Tidak ada akses jalan mobil
Biasanya untuk Anda yang ingin mendapatkan dana KPR dari bank, salah satu syaratnya adalah rumah itu dapat dilalui oleh mobil. Bahkan ada beberapa yang mensyaratkan untuk dapat dilalui oleh dua mobil. Dijamin jika rumah yang dapat dilalui oleh mobil, harganya bisa lebih baik dibandingkan dengan rumah yang tidak dilalui oleh mobil.

3. Jalan menurun atau menanjak
Hal yang sama juga terjadi untuk rumah yang berada di kawasan jalan yang menurun atau menanjak. Anda akan sulit mendapat dana KPR yang digelontorkan oleh bank. Pasalnya, pihak bank tidak mau beresiko untuk menyetujui rumah yang berada di kawasan jalan yang menurun atau menanjak. Tak sekadar itu, rumah yang berada di kawasan jalan menurun atau menanjak lebih repot karena ketika Anda parkir mobil wajib menggunakan rem tangan dan sebagainya.

4. Hindari dekat dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPA)
Selain dapat mengganggu pernafasan, rumah yang dekat pembuangan sampah pun sumber penyakit. Dipastikan rumah yang dekat pembuangan sampah, harganya tidak akan berkembang. Sebaiknya, Anda memilih rumah yang dekat dengan pembuangan sampah.

5. Berada di Kawasan Tegangan Tinggi Listrik (Sutet)
Hindari memilih rumah yang berada di bawah tegangan tinggi (sutet) karena radiasi yang ditimbulkannya. Berdasarkan hasil penelitian dari Wertheimer dan Leper pada 1979 bahwa ada hubungan antara kanker otak pada anak dengan paparan medan elektrokmagnetik yang dikeluarkan oleh sutet. Beberapa pengembang yang berada di kawasan sutet biasanya memutar otak dengan membangun kawasan hijau di bawah sutet.

 
Haryanto
Sumber : Rumah123


📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi