147 Rabu, 05 Maret 2014 | 10:03:29

KPR Anda Sering Ditolak? Simak Tips Berikut!

kpr-anda-sering-ditolak-simak-tips-berikut

Membeli rumah apalagi dengan menggunakan KPR membutuhkan sebuah proses yang panjang. Memang, dengan cara ini masyarakat berpenghasilan rendah dapat memiliki rumah idamannya karena tidak memiliki kemampuan untuk membayar cash. Namun, ternyata agar bank bisa meloloskan permohonan KPR ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan. Waktu pengurusan yang lama dan banyaknya syarat yang harus dipenuhi menjadi kendala. Pernah mengalaminya? Bagaimana trik supaya KPR anda diloloskan oleh bank? Simak tips berikut

Tampil percaya diri
Membeli rumah mirip-mirip seperti mencari jodoh. Kalau Anda malu-malu, tidak PD dan menjengkelkan, maka calon Anda akan kabur. Terhadap bank pun demikian. Tunjukkan sikap bahwa Anda pantas untuk membeli rumah tersebut. Tampilkan bahwa Anda bonafid. Pakailah pakaian yang sopan seperti busana seorang profesional. Baju berkerah, disetrika rapi dan berkancing.

Selain itu sopanlah dalam menjawab atau mengajukan pertanyaan kepada pihak bank. Kesan yang bagus akan membuat pihak bank lebih rispek. Meski begitu, Anda mesti juga mempersiapkan dengan baik-baik persyaratan lainnya yang mereka minta.

Perindah penampilan keuangan Anda
Banyak pemohon KPR yang terkapar karena memiliki catatan keuangan yang buruk. Sebenarnya tidak buruk-buruk amat. Mungkin tanpa disadari telah melakukan keteledoran. Misalnya saja terlambat membayar tagihan kartu kredit. Sebaiknya lunasi semua tagihan kartu kredit Anda setidaknya cukup untuk memproses pengajuan KPR.

Dan seandainya permohonan KPR Anda disetujui, Anda bisa menggunakan kartu kredit milik Anda kembali. Kalau Anda karyawan, bank dapat menolak jika beban cicilan Anda lebih dari 30 persen dari penghasilan per bulan Anda. Sementara, bila Anda pengusaha akan lebih mudah. Karena maksimum bank berani memberikan pinjaman hingga 60 persen dari penghasilan bersih.

Mengetahui kemampuan bayar Anda
Anda harus bisa menyesuaikan memilih rumah dalam kisaran harga yang sesuai dengan budget yang Anda miliki. Atau Anda bisa saja menggabungkan seluruh usaha atau joint income suami-istri untuk menambah kemampuan besar kredit.

Dengan mengetahui kemampuan kredit, Andapun lebih fokus untuk memilih rumah yang sesuai dengan kemampuan.

Melengkapi segala dokumen yang dipersyaratkan
Ini merupakan poin penting penentu kelolosan permohonan KPR Anda. Bila Anda seorang pengusaha beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah rekening korang tiga bulan terakhir, bukti transaksi pelanggan atau nomor kontak, melengkapi semua persyaratan akte termasuk NPWP, SIUP, dsbnya. Sementara bagi Anda kalangan profesional atau praktisi mesti melampirkan fotokopi dan Surat Izin Praktik.

Mengajukan KPR ke beberapa bank sekaligus
Untuk menyiasati perasaan jengkel, kesal dan emosi karena ditolak salah satu bank, Anda harus menyiapkan permohonan KPR sekaligus kepada empat hingga lima bank pada saat yang bersamaan.

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi