140 Jum'at, 07 Februari 2014 | 10:40:57

Cerdik Mencari Hunian Secara Online

cerdik-mencari-hunian-secara-online

Teknologi telah merambah segala aspek kehidupan manusia. Salah satunya teknologi internet. Memang internet telah memberikan manfaat yang besar terutama bagi mereka yang mencari informasi. Salah satunya informasi mengenai perumahan.

Saat ini, banyak situs yang khusus tentang penyedia informasi properti di Tanah Air. Di situs tersebut tersaji beragam listing properti mulai dari rumah, apartemen, ruko hingga tanah. Tentu saja beragam harga pun tersaji di situs itu. Bagi Anda yang ingin mencari hunian secara online bisa menyimak beberapa tips berikut ini:

1. Sebelum browsing, pastikan dahulu spesifikasi dan lokasi hunian yang Anda inginkan. Perhatikan juga budget Anda yang tersedia.

2. Jika ada hunian yang diinginkan. Bandingkan pula dengan beberapa hunian yang lainnya dari segi lokasi, harga dan fasilitasnya.

3. Cek kembali keberadaan pengembang, broker atau pemilik yang memasarkan hunian tersebut secara online.

4. Mintalah waktu untuk meninjau atau survei lapangan Anda dan si pemilik atau pengembang atau broker hunian.

5. Sebaiknya dalam melakukan survei ke hunian tersebut dilakukan dalam waktu pagi, siang maupun malam. Atau Anda bisa lakukan survei saat hujan datang. Hal ini penting agar Anda bisa melihat suasana hunian tersebut saat keadaan-keadaan tersebut.

6. Cek apakah data yang disebutkan pengembang, pemilik atau broker sesuai dengan dengan kondisi lapangan.

7. Perhatikan pula kondisi tetangga di sekitar, karena ini menyangkut faktor keamanan dan kenyamanan lingkungan.

8. Cek kembali aspek legalitas dan kelengkapan dokumen hunian tersebut seperti surat tanah, IMB, listrik, air dan lain-lain.

9. Jika merasa cocok, coba negosiasikan harga dan termin pembayaran secara hangat dan terbuka agar terjadi kesepakatan yang menguntungkan masing-masing pihak.

Haryanto
Sumber : Rumah123

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi