151 Rabu, 29 Januari 2014 | 03:39:44

Bayarlah DP Rumah Sesuai Dengan Kondisi Keuangan

bayarlah-dp-rumah-sesuai-dengan-kondisi-keuangan

Rumah adalah sebuah kebutuhan pokok bagi semua orang. Banyak sekali jenis rumah yang ditawarkan dan harganya sangat bervariasi. Anda bisa memiliki rumah yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan juga sesuai dengan tingkat penghasilan anda. Saat ini banyak cara untuk membeli rumah dan salah satunya adalah dengan KPR. KPR ini akan membuat Anda mengangsur cicilan per bulannya. Anda juga bisa memilih sistem pembayaran DP rumah yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Kondisi keuangan benar-benar harus Anda pikirkan sebelum akhirnya Anda memilih program KPR dari bank tertentu. Banyak bank yang menawarkan beberapa pilihan KPR. Anda tentu harus cermat dengan pilihan KPR yang ditawarkan kepada Anda. Jangan sampai Anda merasa berat ketika mengangsur cicilan per bulannya. Anda juga harus memperhatikan sistem pembayaran DP rumah. Biasanya, bank atau pengembang akan menawarkan beberapa pilihan pembayaran untuk DP rumah.

Pembayaran DP biasanya bisa dilakukan satu kali bayar atau bisa juga beberapa kali bayar atau yang sering disebut dengan cara diangsur. Ada dua tipe pembayaran DP untuk rumah secara mengangsur yang ditawarkan kepada Anda. Simak ulasan berikut.

Pertama dengan cara mengoptimalkan 40% pendapatan per bulan ini maksudnya adalah Anda harus menyisihkan 40% dari penghasilan Anda bersih per bulannya. Misalnya Anda mempunyai pendapatan Rp 3.000.000 per bulannya maka 40% dari penghasilan bersih adalah Rp 1.200.000. Itulah jumlah yang harus Anda sisihkan tiap bulannya. Nantinya ini juga akan bisa digunakan untuk mengangsur cicilan KPR Anda per bulan. Sebaiknya cicilan KPR Anda tidak melebihi jumlah gaji Anda tiap bulannya.

Kedua, Anda juga bisa memilih membayar DP rumah kepada pengembang. Banyak sekali pengembang yang menawarkan bantuan semacam ini. Namun Anda harus benar-benar mencermati pengembang mana yang baik untuk anda. Jangan sampai Anda memilih pengembang yang tidak terpercaya untuk KPR rumah anda. Anda bisa menanyakan atau mencari informasi dari pengembang terlebih dahulu sebelum memilih mengangsur di pengembang.

Anda bisa menghindari beberapa hal buruk jika Anda selalu meneliti semua hal terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda membeli sebuah rumah dengan cara menyicil DP di pengembang perumahan. Ada banyak pengembang perumahan yang terpercaya untuk Anda pilih. Membayar DP rumah dengan cara mengangsur adalah cara yang mudah dan ringan untuk mendapatkan rumah baru anda. Namun Anda harus siap untuk membayar bunga yang dibebankan kepada Anda dan biasanya lebih tinggi daripada ketika Anda sistem pembayaran DP secara tunai.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi