307 Rabu, 11 Desember 2013 | 06:18:14

Ini yang Harus Dicek Saat Membeli Rumah

ini-yang-harus-dicek-saat-membeli-rumah

Setelah membeli rumah, bisa saja ada masalah yang timbul. Salah satu penyebab masalah adalah dokumen yang tidak lengkap. Sebelum membeli rumah, ada baiknya Anda memeriksa kelengkapan dokumen-dokumen berikut.

1. Sertifikat Kepemilikan Tanah
Ada tiga macam sertifikat kepemilikan tanah yang dikeluarkan oleh BPN, Sertifikat Hak Milik, Sertifikat Hak Guna Bangunan, dan Sertifikat Hak Guna Usaha. Untuk mempermudah Anda ke depannya, sebaiknya Anda membeli rumah dengan Sertifikat Hak Milik.

Jika Anda membeli bangunan dengan SHGB dan SHGU, Anda harus memperbaharui sertifikat tersebut setiap 20 tahun. Akan tetapi, Anda juga bisa mengurus pengubahan status sertifikat tersebut ke BPN.

2. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
Surat ini menyediakan informasi tentang luas bangunan. Luas bangunan yang tertera di surat ini harus sama dengan luas bangunan yang sebenarnya. Jika tidak, Anda harus memperbaharui surat tersebut di dinas perizinan setempat.

Memang tidak jarang luasan yang tertera berbeda dengan luasan yang sebenarnya. Untuk itu, Anda harus melakukan negoisasi dengan pemilik rumah sebelumnya karena biaya pengurusannya tidak sedikit.

3. Surat Pajak Bumi dan Bangunan
Pastikan bangunan yang Anda beli memiliki surat PBB dan sudah dibayar tiap tahunnya. Jika pajak tersebut belum dibayar, mintalah pemilik sebelumnya membayarnya.

Hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah nama yang tertera di setiap surat dan sertifikat. Pastikan semua nama sama agar tidak terjadi masalah kelak.

Sumber : Ideaonline

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi