149 Rabu, 11 Desember 2013 | 05:39:44

Lakukan Ini Agar Bisa Beli Rumah

lakukan-ini-agar-bisa-beli-rumah

Mempunyai rumah sendiri memang merupakan keinginan dari semua orang. Namun yang menjadi masalah adalah dari harga rumah itu sendiri yang memang selalu naik setiap tahunnya, sedangkan dari dana beli rumah memang terkadang tidak pernah mencukupi. Jangankan memang mau untuk menyisihkan dananya untuk membeli rumah, terkadang untuk keperluan sehari-hati ini banyak orang di negara ini yang memang masih kepayahan. Tetapi walaupun begitu tekad dalam membeli rumah janganlah sampai padam dikarenakan rumah merupakan tempat yang memang akan ditinggali orang sepanjang hidupnya. Lalu apa sajakah yang memang perlu dipersiapkan jika memang ingin membeli rumah ?

Pertama yang paling terpenting adalah antara dari kemampuan untuk membeli rumah yang memang diinginkan. Hal ini dikarenakan saat ini memang harga rumah atau properti yang semakin melambung tinggi dan bahkan ada di beberapa daerah yang harganya sudah tidak rasional. Jika ingin memakai KPR maka sebaiknya perhitungkan lagi dari kemampuan maksimumnya sebanyak 30 persen dari penghasilan. Setelah memang mengetahui dari kemampuan bayar maksimalnya 30 persen, barulah kita bisa mencari harganya.

Carilah rumah apakah ingin letaknya di tengah kota yang memang harganya sedemikan mahalnya atau yang berada di pinggiran kota yang akan menghemat dari segi dana beli rumah. Masing-masingnya memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Jika tengah kota harga yang memang mahal dan ukuran rumah yang kecil, seperti contohnya di Jakarta yang harga rumahnya sudah menembus ratusan juta.

Alternatif lain yaitu rumah susun atau apartemen. Namun yang memang perlu dikorbankan adalah ruangan yang kecil, namun keunggulannya berada di tengah kota yang lebih dekat, biaya transportasi yang murah dan tidak mudah stress di jalan. Jika kita berbicara rumah yang berada di pinggiran kota memang yang jaraknya agak jauh dari pusat kota. Lalu apa keuntungannya? Anda akan bisa mendapatkan rumah dengan tanah yang lebih luas untuk bisa bercocok tanam dan bisa bermain di halaman rumah. Namun konsekuensinya adalah Anda harus mempersiapkan lebih dari dana trasportasi dan bensin, lalu perhitungan biaya tol, parkir, servis kendaraan jadi memang hal seperti ini harus diperhitungkan.

Jika membeli rumah memang lebih baiknya menggunakan KPR (kredit kepemilikan rumah) atau bisa juga menunggu sampai membelinya dengan uang tunai. Properti atau rumah saat ini kenaikannya memang sangat drastis, sampai kapanpun jika kita menabung juga tidak akan pernah tercukupi dari dana beli rumah, dikarenakan daya beli kita dan juga kenaikan penghasilan sebagai seorang pegawai tidak secepat dari kenaikan properti ini. Maka dari itulah KPR ini sangatlah membantu dalam permasalahan seperti ini. Namun di sisi lain, KPR ini memang masuk ke dalam hal utang produktif, jadi utang yang nilai asetnya dibeli di dalam jangka panjang dan akan selalu terus naik dengan berjalannya waktu.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi