5 Senin, 09 Desember 2013 | 09:22:23

Pilih Broker yang Tepat untuk Anda!

pilih-broker-yang-tepat-untuk-anda

Memakai jasa broker atau agen properti yang profesional adalah salah satu cara untuk mempermudah urusan Anda dalam menjual rumah, apartemen atau tanah. Jumlah agen properti dari yang profesional sampai baru memulai usaha bisnis properti saat ini sangat banyak. Salah-salah pilih bisa jadi Anda akan menemui kerugian dan penyesalan. Oleh karena itu selektif dalam memilih agen properti mutlak diperlukan, sehingga kerjasama tersebut bisa saling menguntungkan.

Keuntungan Anda menggunakan jasa agen properti adalah Anda tidak perlu disibukan oleh tamu dan bunyi telepon yang menanyakan penjualan properti.

Namun ada beberpaa hal yang harus dicermati sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan agen properti, antara lain:

- Anda harus perhatikan kualitas agen properti wajib dipertimbangkan di antaranya, pengetahuan dasar mengenai properti, hukum kepemilikan properti, kejujuran, mudah dihubungi, sering menangani proses transaksi jual beli dari proses pemasaran sampai AJB (akta jual beli) di notaris.

- Pastikan agen yang Anda pilih adalah kualifikasi dan sertifikasi yang sesuai dengan prosedur dan undang-undang.

- Punya jaringan yang luas, jika pemilik ingin memasarkan properti di luar negeri maka harus memilih agen yang mempunyai jaringan nasional dan internasional

- Adanya kenyamanan dari seorang agen dengan menunjukkan bukti prestasi penjualan properti yang telah diraih dan jumlah transaksi yang pernah terjadi.

- Mengenal daerah/lokasi properti pemilik dengan baik, seperti fasilitas-fasilitas yang mungkin diperlukan.

- Mempunyai akses informasi data listing yang selalu update.

- Turut membantu perhitungan biaya perbaikan properti yang dibeli seandainya properti tersebut dalam keadaan kurang baik atau properti bekas.

- Pastikan agen properti tersebut terdaftar dan berlisensi.

Sumber : Detik

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi