289 Selasa, 03 Desember 2013 | 09:07:35

Mau Beli Rumah Second? Perhatikan Renovasinya

mau-beli-rumah-second-perhatikan-renovasinya

Membeli rumah bekas dihuni oleh penghuni sebelumnya adalah hal yang biasa atau umum terjadi dan sangat sering dialami bagi orang-orang yang belum memiliki rumah atau ingin perubahan kondisi dalam hidupnya. Tetapi banyak peristiwa sebelumnya terjadi di rumah yang telah dihuni oleh penghuni sebelum digunakan penghuni baru. Saat seseorang ingin menempati bangunan bekas sebagai hasil dari membeli rumah second apa saja hal yang harus diperhatikan secara Feng Shui supaya kehidupan kelanjutan penghuni baru lebih baik dari penghuni sebelumnya dan nasib baik bisa berkelanjutan setelah menghuni rumah tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan secara Feng shui saat seseorang membeli rumah bekas orang lain (rumah second) dan sebelum menempatinya, antara lain :

1. Pintu masuk utama rumah
Pintu masuk utama secara feng shui umpama mulut sumber masuk rejeki seluruh penghuni rumah. Secara feng shui posisi pintu utama yang baik terletak di tengah bagian dari tampak depan dan merupakan pintu double, tujuannya supaya rejeki masuk lancar dan besar serta tidak terhalang apa pun juga.

Perhatikan kondisi pintu utama sendiri, jangan sampai pintu utama tidak mudah di buka/ tutup (atau seret), juga jangan sampai pintu utama tidak mudah dilihat atau dicapai dengan mudah oleh penghuni.

Selain itu perhatikan kondisi exterior disekitar pintu utama rumah jangan sampai ada pohon besar menghalangi pintu utama atau ada tiang atau kolom di depan pintu utama, serta perhatikan keberadaan daun rimbun di depan pintu utama jangan sampai membuat pintu utama menjadi gelap dan suram. Perhatikan cahaya disekitar pintu utama, jangan sampai cahaya gelap dan membuat kehidupan penghuni suram

2. Ruang tidur utama serta ruang tidur bagi penghuni lainnya
Ruang tidur adalah aspek penting dari rumah tinggal, karena biasanya orang menggunakan bagian ini minimal 8 jam sehari (sepertiga hari digunakan di ruang tidur). Ruang tidur adalah tempat menyeimbangkan tubuh maximal di rumah, karena itu sebaiknya ruang tidur harus stabil dan baik secara feng shui.

Saat membeli rumah second hal terpenting perlu diperhatikan adalah kamar yang paling aktif digunakan oleh penghuni sebelumnya. Kondisi yang baik adalah jika penghuni sebelumnya maju saat tinggal di rumah tersebut, maka Kamar Utama yang sering digunakan oleh pencari nafkah utama dari penghuni sebelumnya.

Jika penghuni sebelumnya meninggalkan dalam kondisi keuangan menanjak, maka sebaiknya kamar yang sering digunakan oleh kepala keluarga juga digunakan oleh penghuni berikutnya. Tetapi jika penghuni sebelumnya memiliki masalah keuangan maka sebaiknya dilakukan perubahan besar dalam penempatan posisi kamar.

Akan lebih baik tidak memfungsikan kamar tidur utama atau aktif dan sering digunakan oleh kepala keluarga sebelumnya jika penghuni sebelumnya bermasalah dengan ekonomi atau meninggalkan rumah tersebut dalam kondisi yang sedang turun atau sedang sakit parah atau berat dalam kehidupan.

Jika kondisi penghuni lama meninggalkan rumah dalam kondisi keuangan yang sedang turun, maka harus membersihkan secara energi tidak kasat mata (cleansing ruangan) hal ini penting untuk menghilangkan aura masalah dari penghuni sebelumnya.

Juga hal yang perlu diperhatikan seputar kamar tidur jangan sampai ada kamar tidur yang beraura yin (dingin) misalnya kamar tersebut jarang digunakan oleh penghuni sebelumnya atau cenderung gelap atau dingin atau cenderung digunakan sebagai gudang, atau ada peristiwa kurang baik terjadi sebelumnya. Jika ada salah satu kamar yang sifatnya sangat yin (tidak aktif ) oleh penghuni sebelumnya, maka sebaiknya harus dilakukan perubahan besar pada fungsi dan desain kamar ini. Secara feng shui harus diaktifkan dan dijadikan yang (berenergy aktif).

3. Dapur
Dapur adalah tempat memasak makanan, makanan adalah sumber energi kehidupan bagi semua orang. Jadi dari dapur akan menghasilkan kehidupan feng shui yang baik dan benar bagi kelangsungkan hidup penghuni.

Saat ingin membeli rumah bekas orang lain dapur juga merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan. Secara feng shui sebaiknya jangan sampai dapur dari penghuni sebelumnya dalam kondisi berantakan atau tidak rapi.

Jangan sampai Dapur sebelumnya ditinggalkan oleh penghuni sebelumnya dalam kondisi kotor dan rusak. Secara feng shui jika dapur dalam kondisi berantakan artinya kehidupan ekonomi penghuni cenderung berantakan dan tidak stabil, serta kemakmuran kurang baik.

Jika setelah membeli rumah baru mengetahui bahwa kondisi dapur dari penghuni sebelumnya tidak layak atau dalam kondisi berantakan dan rusak, maka renovasi besar harus diutamakan untuk bagian dapur selain kamar tidur. Karena dapur merupakan sumber memasak rezeki. Juga perhatikan posisi kompor dan sink, jangan sampai terlalu dekat atau berseberangan langsung atau terletak di sektor yang salah. Sebaiknya arah memasak makanan masuk ke arah dalam rumah

4. Warna cat seluruh rumah sehingga menghasilkan aura tampilan rumah baru
Bagian akhir dari renovasi rumah lama untuk dihuni penghuni baru adalah perubahan aura bangunan yang berasal dari pengecatan seluruh tampak muka bangunan dan penambahan cahaya seluruh bangunan.

Perumpamaan pengecatan bangunan ini seperti seorang yang menggunakan pakaian berwarna cerah dan menarik serta menggunakan make up untuk mempercantik (penambahan elemen lampu). Pada intinya bangunan lama bekas penghuni lama yang gelap harus dibuat terang, bercahaya dan bersinar. Jangan takut bermain dengan cahaya.

Semakin terang dan bersinar sebuah rumah semakin baik. Hadirkan lampu di luar dan di dalam rumah sebanyak mungkin.

Pada bagian rumah yang terasa aura yin atau gelap boleh dibuat terang dengan lampu atau kaca pada plafon

Sumber : Okezone

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi