124 Kamis, 28 November 2013 | 10:31:20

Mari Survei Harga Properti

mari-survei-harga-properti

Ada sejumlah cara untuk bisa mengetahui dari harga properti yang memang akan Anda beli, sehingga hal ini bisa memudahkan Anda untuk bisa menawarnya. Hal ini merupakan beberapa cara yang paling umum dan bisa dikombinasikan dengan berbagai macam kondisi yang ada di setiap daerah. Mungkin ada beberapa cara yang cocok dipakai di daerah tertentu saja dan tidaklah berlaku untuk daerah yang lain.

Hal pertama yang dilakukan dalam survey harga properti adalah dengan melakukan sendiri melalui internet. Cara pertama ini merupakan cara yang paling simpel dan sangat murah. Tetapi memang ketersediaannya tergantung dari negara, pemerintah, kota atau sumber yang menyediakan informasi online tersebut. Anda bisa mencarinya melalui search engine Google, MSN, Yahoo dan sebagainya dengan mengetikkan beberapa kata kunci sepert contohnya “Rumah Dijual”, “Rumah Murah”, “Harga Rumah Baru” dan sebagainya. Tetapi biasanya harga yang ada disana merupakan harga emosi atau harga permintaan, bukanlah sebagai harga transaksi.

Untuk bisa mengetahui harga transaksi, terutama transaksi yang terjadinya belakangan, maka sumber yang paling baik yaitu agen properti ataupun lembaga pemerintahan yang memang memberikan informasi harga properti tersebut.

Kedua adalah dengan survey harga properti melalui Independent Appraiser. Cara seperti ini biasanya dilakukan jika memang ingin menjual properti. Si penjual ini biasanya akan melakukan sebuah penawaran yang berdasarkan dari hasil valuation yang sebelumnya dilakukan oleh appraiser. Walaupun harga ini yang menentukan adalah appraiser dengan berbagai macam kriteria, tetapi umumnya harga inilah yang sudah bisa diterima oleh pihak calon pembeli sebagai sebuah patokan harga yang akurat.

Biasanya hal ini bergantung dari si penjual apakah akan dijual di bawah dari harga valuationa atau sebaliknya, hal ini juga bisa bergantung pada kondisi pasar. Di dalam situasi dimana sebuah permintaan banyak dan juga supply yang sedikit, biasanya si penjual nantinya akan menjual propertinya dengan harga yang di atas valuation. Sedangkan jika kondisi dimana supply ini banyak namun demandnya sedikit, maka biasanya akan dijual dengan harga di bawah harga valuation.

Ketiga dalam hal survey harga properti adalah dengan mencari tahunya dari broker atau agen properti. Anda bisa sering berkunjung ke agen properti yang ada di lingkungan Anda, hal ini bertujuan supaya Anda dimudahkan untuk bisa mencari properti yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Agen properti merupakan tempat yang paling jitu karena semua informasi yang diberikan biasanya selalu up to date.

Lalu yang keempat adalah dengan melihat dari catatan transaksi pada pemerintah setempat atau pada instansi yang terkait. Anda bisa mengunjungi balai lelang, kantor kecamatan, BPN, kantor notaris, bank untuk survey harga properti terakhir

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi