201 Kamis, 21 November 2013 | 11:13:35

Pintar Memilih Kredit Rumah

pintar-memilih-kredit-rumah

Bank adalah tempat terjadinya transaksi tabung-menabung, mengambil uang, dan juga perjual-belian termasuk rumah. Bank menawarkan kredit pemilikan rumah sebagai solusi bagi Anda yang tidak sanggup membeli rumah dalam bentuk langsung lunas. Apabila Anda ingin membeli rumah namun uang masih belum cukup maka memang tepat memilih bank untuk membantu mewujudkan impian Anda tersebut. Apalagi jika penghasilan Anda belum tinggi maka tidak perlu ragu lagi dalam memilih KPR di bank.

Dengan mempelajari empat tips di bawah ini, setidaknya akan membantu Anda meyakinkan diri memilih KPR.

Pertama, adalah KPR di bank akan membantu menghitung cicilan rumah setiap bulannya dari rumah yang Anda inginkan. Mulai dari besar uang muka yang harus Anda bayar sampai bunga atau cicilan setiap bulan nanti.

Dari situ Anda dapat melihat apakah uang muka dan besar cicilan rumah tersebut akan mampu Anda lakukan atau tidak. Jika tidak maka sebaiknya pilih tipe rumah yang lebih sesuai dengan kemampuan Anda dalam membayar cicilan nanti.

Kedua, Anda pastikan besarnya bunga yang harus Anda bayarkan tidak besar. Sebab masing-masing bank akan menawarkan bunga yang berbeda. Pentingnya mencari informasi ke bank satu lalu ke bank lain. Selain agar Anda tidak rugi juga bisa membandingkan antar bank yang ada.

Jika Anda tidak membandingkan besarnya bunga antar bank maka Anda akan rugi. Ketika mengetahui teman atau orang lain mendapatkan bunga yang lebih ringan padahal tipe rumah yang dipilih hampir sama.

Selanjutnya yang ketiga adalah dengan KPR Anda akan mendapatkan keuntungan. Sebab KPR merupakan salah satu program pemerintah yang bekerja sama dengan bank. Anda akan mendapatkan besar cicilan rumah yang ringan.

Namun walaupun ringan, Anda juga harus teliti melihat besar cicilan rumah. Sebab pada tahun pertama dan kedua biasanya cicilan emmang ringan. Namun cicilan berikutnya akan naik dua sampai tiga kali lipat. Hal itu akan sama saja dengan tidak ada cicilan ringan.

Terakhir yang keempat, Anda harus yakin dan siap mengikuti semua prosedur yang bank berikan. Jangan melakukan keterlambatan pembayaran. Bagi bank akan menguntungkan namun bagi Anda akan merugikan. Sebab denda akan Anda bayarkan dan itu akan menambah besarnya biaya kepemilikan rumah Anda.

Membeli rumah lewat KPR memang menguntungkan karena besar cicilan rumah tergolong ringan. Adanya bunga masih relative kecil namun ketika pasar mengalami peningkatan maka bunga cicilan rumah Anda akan ikut naik. Hal itu juga harus Anda waspadai.

Walaupun begitu, rumah akan bisa langsung Anda tempati selagi Anda membayar kredit cicilan rumah. Anda bisa menggunakan secara total tanpa harus menunggu Anda berhasil membayar semua ciclan rumah pada bank

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi