161 Rabu, 20 November 2013 | 12:27:08

Lokasi, Syarat Utama Memilih Rumah

lokasi-syarat-utama-memilih-rumah

Memilih lokasi tempat tinggal yang strategis memang cukup rumit. Tidak hanya pertimbangan mengenai lokasinya saja. Harga juga harus dipikirkan. Lokasi yang strategis tentunya tidak murah. Dana yang dibutuhkan cukup besar. Jika dana yang dimiliki cukup, ini bukan masalah. Tapi jika dananya terbatas, Anda harus lebih cerdas.

Kriteria umum lokasi strategis tentunya tampak standar. Lokasi dekat kota adalah lokasi paling ideal. Lokasi ini berarti banyak hal. Selain dekat dengan kota, aksesnya juga mudah. Banyak angkutan umum yang melaluinya. Selain itu fasilitasnya juga lebih lengkap. Akibatnya mudah untuk menemukan kebutuhan Anda.

Untuk kriteria lokasi hunian strategis yang lebih terjangkau kurang lebih juga sama. Hanya saja Anda harus bisa berpikir lebih maju. Jangan berpikir tentang saat ini. Pikirkan tentang akan seperti apa kondisi lokasi yang Anda pilih saat ini. Lokasi yang potensial kelak pasti akan ramai dihuni. Seiring berjalannya waktu, fasilitas juga akan semakin lengkap. Inilah yang Anda kejar.

Untuk hunian, pastikan lokasinya nyaman. Sebaiknya lokasi tidak terlalu dekat dengan jalan utama. Selain itu lokasi juga jauh dari kawasan yang dilarang pemerintah. Ini demi masa depan Anda juga. Lokasi hendaknya juga bebas banjir. Ini ditandai dengan sistem pembuangan air yang baik. Selain itu juga ditandai dengan banyaknya pepohonan.

Rumah tentunya bukan hanya untuk hunian semata. Rumah juga menjadi aset yang berharga. Karena itu pertimbangkan pertambahan nilainya. Kira-kira seberapa tinggi tingkat pertumbuhannya? Pertanyaan ini harus terjawab. Lokasi juga harus memiliki potensi untuk berkembang. Saat ini mungkin masih sepi, tapi beberapa tahun lagi lokasi tersebut harus lebih ramai.

Ketersediaan layanan publik juga harus dipertimbangkan. Di lokasi hunian strategis, fasilitas ini pastinya ada. Pastikan juga fasilitas vitalnya terpenuhi. Misalnya saja keberadaan rumah sakit. Selain itu lokasi hendaknya juga dekat dengan sekolah dan tempat jual beli. Dengan demikian, Anda tidak akan terasingkan. Memperoleh layanan publik juga terasa lebih mudah.

Perhatikan apakah lokasi tersebut bebas dari home industri. Keberadaan home industri kecil mungkin tidak terlalu bermasalah. Apalagi jika usaha tersebut tidak memberi dampak buruk bagi lingkungan. Tapi jika sebaliknya, hindari lokasi tersebut. Mungkin harganya memang murah. Akan tetapi hidup Anda tidak akan nyaman.

Setelah menemukan lokasi hunian strategis, pertimbangkan harganya juga. Harga yang ditawarkan hendaknya masuk akal. Untuk mengetahuinya, lakukan survey harga. Cari tahu harga tanah disekitar lokasi tersebut. Pastikan harganya masih dalam kisaran harga tersebut. Selanjutnya perhitungkan pertumbuhan harga yang mungkin akan terjadi.

Agar lebih yakin, sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya. Ada banyak pihak yang bisa dimintai pendapat. Dari situ Anda bisa memperoleh keyakinan lebih. Bahkan semakin yakin untuk mengambil keputusan.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi