138 Senin, 18 November 2013 | 11:32:58

Kemampuan Finansial, Syarat Utama Dalam Memilih Rumah

kemampuan-finansial-syarat-utama-dalam-memilih-rumah

Semua orang tentu ingin membeli sebuah rumah. Sayangnya rumah bukanlah hal yang murah. Anda membutuhkan uang yang banyak untuk mendapatkan sebuah rumah. Bahkan untuk membeli rumah secara kreditpun Anda harus mempunyai uang setidaknya 30% dari harga rumah tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu banyak sekali orang yang merasa berat membeli rumah.

Di era modern ini memang banyak sekali bank yang menawarkan harga kredit rumah yang berbeda-beda. Aturan dari bank yang satu dengan bank lainnya juga berbeda-beda. Anda harus berhati-hati dalam menentukan akan mengajukan kpr di suatu bank. Ketika Anda sudah mengajukan dan diterima tentu saja Anda harus konsekuen terhadap kewajiban Anda setiap bulannya.  Ada beberapa hal yang harus Anda fikirkan sebelum Anda memilih kredit rumah yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Apa saja yang harus Anda fikirkan? Pertama Anda tentu harus memikirkan kemampuan finansial Anda. Setiap orang mempunyai kemampuan finansial yang berbeda satu dengan yang lainnya. Anda tentu tidak boleh memaksakan kemampuan finansial yang menengah untuk membeli rumah yang harganya sangat mahal atau berada di kelas atas. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan finansial menengah Anda tentu jangan sampai mengambil rumah dengan harga yang sangat mahal. Sebaiknya Anda memilih rumah dengan harga menengah ke bawah.

Sebelum Anda menentukan harga kredit rumah sebaiknya Anda juga mempertimbangkan penghasilan bersih Anda setiap bulannya. Bank tentu saja akan menghitung berapa besar cicilan rumah yang harus Anda bayarkan. Jangan sampai penghasilan Anda tidak cukup untuk membayar cicilan rumah setiap bulannya atau cicilan rumah ternyata lebih besar dari pada penghasilan bersih Anda. Jumlah cicilan rumah yang harus Anda pilih sebaiknya jauh lebih kecil atau 30% dari penghasilan Anda.

Lokasi rumah sebenarnya juga akan sangat mempengaruhi harga dari rumah tersebut. Bagi Anda yang mempunyai dana yang sangat terbatas, sebaiknya Anda tidak memilih membeli rumah yang lokasinya berada di kawasan elit karena tentu saja Anda tidak akan mendapatkan rumah yang Anda inginkan. Sebaiknya carilah lokasi yang nyaman dan harganya juga terjangkau untuk Anda. Anda bisa mengonsultasikan hal tersebut pada beberapa teman dan pengembang agar mendapatkan lokasi rumah yang terbaik.

Sebelum Anda memulai kredit rumah di sebuah bank, Anda harus memastikan juga Anda telah siap dengan semuanya. Hitunglah dengan simulasi KPR yang ditawarkan di beberapa situs saat ini. Anda bisa menghitung jumlah uang yang harus Anda bayarkan setiap bulannya dan harga kredit rumah dari berbagai bank secara lebih tepat. Bandingkan beberapa bank yang menawarkan beberapa jenis bunga. Jangan sampai Anda terkecoh dengan penawaran bungan yang rendah untuk 1 tahun pertama karena Anda akan kesulitan membayar setelah masa 1 tahun berlalu.


Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi