239 Kamis, 14 November 2013 | 10:42:09

Penting! Baca Ini Sebelum Beli Kondotel!

penting-baca-ini-sebelum-beli-kondotel

Pernahkah anda mendengar kata Kondotel yang merupakan singkatan dari Kondominium Hotel? Kondotel adalah kondominium atau bangunan tinggi dioperasikan sebagai hotel dan memiliki fasilitas hotel. Bedanya, unit-unit atau kamarnya dimiliki oleh investor perorangan. Perbedaannya dari hotel yakni tata ruangn kondotel relatif lebih nyaman.
 
Satu unit kondotel biasanya dilengkapi dengan ruang tamu, ruang makan dan dapur sehingga ideal untuk tinggal lebih lama dan harga sewanya bisa lebih tinggi dari hotel. Meskipun kondotel baru populer beberapa tahun ini, saat ini makin banyak pengembang mengerjakan proyek-proyek kondotel.
 
Pada dasarnya investasi kondotel atau apartemen sama saja. Berbeda dengan rumah biasa (landed house) investasi kondotel sedikit berbeda pada status kepemilikan, biasanya berupa sewa dalam sekian tahun (leasehold), strata tittle atau freehold.
 
Jika anda berencana untuk membeli kondotel berikut hal-hal yang harus diperhatikan:
 
Lokasi
Sama dengan memilih rumah, jika anda ingin berinvestasi kondotel juga harus memperhatikan lokasi. Jika lokasinya strategis, memiliki fasilitas pendukung yang baik, maka akan membuat harga properti semakin cepat untuk naik. Oleh karena itu, ceklah terlebih dahulu kondotel yang akan anda beli. Akan lebih baik jika lokasi kondotel tersebut berdekatan dengan lokasi bisnis atau tempat wisata.
 
Pengembang
Developer yang membangun condotel sebaiknya pengembang yang telah terpercaya menyelesaikan bengunan sampai selesai dengan tepat waktu sesuai yang dijanjikan. Anda juga harus cek track record pengembang tersebut, hal ini perlu diperlukan apabila kondotel yang hendak Anda beli masih dalam tahap pembangunan atau belum dibangun.
 
Status Tanah
Anda pastikan status tanah tersebut apakah hak milik, hak sewa, atau hak guna pakai. Usia condotel biasanya disesuaikan dengan lama hak sewa/pakai tanahnya. Untuk tahap awal biasanya pengembang menawarkan masa sewa 20 atau 25 tahun. Nah jika dapat diperpanjang maka ada kemungkinan masa sewa anda juga diperpanjang.
 
Operator Hotel
Ketahuilah siapa yang menjadi pengelola hotel ini. Alangkah lebih baik jika pengelola hotel merupakan pengelola yang sudah terbiasa menjalankan bisnis hotel. Karena mereka lebih berpengalaman dalam melakukan management hotel, mengurus hotel juga memberikan pelayanan kepada para tamu.
 
Keuntungan jika anda berinvestasi kondotel yaitu Penggunaan kondotel yang dioperasikan seperti hotel akan menghasilkan pendapatan operational. Pendapatan ini kemudian dibagikan kepada para investor. Besarnya pendapatan yang diberikan berkisar 8%-12% per tahun dari harga beli.
 
Selain itu anda juga bisa menginap gratis dan menikmati fasilitas hotel dan kenyamanan yang disediakan kondotel. Lamanya menginap gratis berkisar 18-30 hari per tahun untuk setiap unit kondotel.

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi