139 Senin, 11 November 2013 | 11:03:04

Serba Serbi Cicilan Rumah

serba-serbi-cicilan-rumah

Apabila Anda ingin membeli rumah secara tunai namun memiliki dana yang sangat terbatas, solusi yang paling saya sarankan adalah dengan menggunakan Kredit Pemilikan Rumah atau biasa disingkat dengan KPR. Fasilitas cicilan beli rumah ini sudah ditawarkan oleh setiap bank pada berbagai produk yang mereka miliki. Namun, walaupun nama dari KPR sudah ramai didengar oleh banyak khalayak, beberapa orang mungkin belum begitu paham apa itu KPR dan segala hal yang berhubungan dengan system pengurusannya, seperti tentang tata cara pengajuan dan permohonan serta tentang bagaimana cara memilih penyedia KPR atau bank yang tepat. Berikut adalah ulasan singkat yang akan menjelaskan hal tersebut.

Menurut data dari Bank Indonesia, pada tahun 2012 silam, hanya ada 8,47% pembeli properti yang mendapatkan rumah mereka secara tunai. Sisanya menggunakan fasilitas KPR atau dengan menggunakan fasilitas cicilan beli rumah. Mengapa banyak orang yang menggunakan fasilitas ini? Tentu karena fasilitas ini sangat membantu mereka yang ingin membeli rumah baik sebagai tempat tinggal, atau hanya sebatas investasi bisnis. Apabila Anda ingin menggunakan fasilitas KPR ini, ada baiknya Anda memenuhi syarat wajib pertama, yaitu sudah memiliki down payment atau DP dalam membeli rumah paling tidak sebesar 30% dari harga rumah yang akan Anda beli.

Syarat berikutnya yang wajib dipenuhi adalah Anda harus sudah memiliki penghasilan tetap. Penghasilan tersebut harus memadai dan Anda perlu juga untuk mengetahui jenis rumah macam apa yang hendak Anda miliki. Pada dasarnya, pengajuan KPR untuk cicilan beli rumah sangatlah mudah. Anda hanya perlu dating ke Bank yang Anda pilih dan mengisi formulir yang sudah disediakan. Ada beberapa dokumen yang perlu disediakan, di antaranya adalah SIUPP, TDP, NPWP, HO. Selain itu, walaupun bukan sebuah kewajiban, namun ada baiknya untuk juga menyediakan Akta Pendirian Perusahaan yang bias didapat dari notaries, dan juga laporan keuangan terbaru dalam jangka dua tahun terakhir.

Ada keuntungan tersendiri apabila Anda memutuskan untuk menggunakan fasilitas KPR. Yang pertama, surat-surat untuk kepemilikan jauh lebih aman. Ini disebabkan setiap properti yang dibeli dengan menggunakan fasilitas KPR sudah melalui berbagai proses resmi seleksi dari bank. Dan asal Anda tahu, pihak bank hanya akan mau membiayai properti dengan surat-surat kepemilikan yang lengkap, pajak yang sesuai, dan yang paling penting, memiliki IMB yang legal. Walaupun demikian, Anda harus mau memiliki komitmen yang tinggi dalam membayar, walaupun cicilan akan selalu meningkat tiap tahunnya.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi