155 Jum'at, 08 November 2013 | 10:28:16

Matang Memilih Pembiayaan Rumah Murah

matang-memilih-pembiayaan-rumah-murah

Keputusan membeli rumah memang harus ditetapkan. Lebih cepat memang lebih baik. Akan tetapi perjalanannya memang tidak semudah itu. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Banyak dana yang harus dipersiapkan. Meski ada KPR, tidak semua KPR memudahkan. Itu karena KPR dibuat untuk sasaran-sasaran khusus.

Saat ini memang ada banyak program KPR. Setiap program menargetkan pasar yang berbeda. Karena itu, memilihnya juga harus cermat. Harus disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk rumah sederhana, ada pembiayaan rumah murah. Pembiayaan ini khusus untuk pembelian rumah pertama. Persyaratannya juga bersifat khusus.

Untuk Anda, program ini sangatlah tepat. Namun dimana Anda bisa menemukannya? Tentunya Anda akan bertanya-tanya mengenai hal ini. Sebenarnya ada banyak bank yang menyediakannya. Salah satunya adalah Bank BTN. Bank lain juga ada. Terutama bank-bank syariah.

Bank BTN fokus pada kelas menengah bawah. Karena itu program KPRnya cocok untuk Anda. Kemudahan seperti bunga rendah bisa Anda dapatkan. Menariknya lagi, bunganya bernilai fix. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan inflasi. Nilai cicilan Anda akan terus bernilai tetap. Bahkan hingga akhir masa pembayaran cicilan.

Meski demikian, Anda perlu memahami ini. Bunga dan nilai cicilannya memang rendah. Akan tetapi pembiayaannya juga senada. Anda tidak dapat mengaharapkan pembiayaan yang tinggi. Program ini hanya untuk rumah sederhana. Jadi jangan berharap terlalu tinggi. Semua kemudahan pasti ada konsekuensinya.

Akan tetapi program ini sebenarnya sudah mencukupi. Terutama untuk kalangan menengah ke bawah. Sebelum mengajukan pembiayaan, pahami hal ini. Dalam pembiayaan rumah murah, ada persyaratan khusus. Persyaratan ini meliputi status kependudukan. Selain itu pendapatan per bulan juga dibatasi. Di atas batas minimal, pembiayaannya tidak berlaku.

Ada satu hal lagi yang menarik. Hal tersebut adalah jangka waktu pembayaran. Jangka waktunya cukup fleksibel. Bahkan ada yang mencapai 15 tahun. Namun tentukan jangka waktu sesuai kemampuan. Jangka waktu panjang memang memudahkan. Akan tetapi tetap sesuaikan dengan kondisi Anda.

Bank selain BTN juga bisa menjadi pilihan. Misalnya saja BRI Syariah. Bank ini juga fokus pada pasar serupa. BRI Syariah banyak membiayai KPR murah. Bahkan pihaknya telah bekerjasama dengan pihak pemerintah. Program KPRnya juga terus ditingkatkan. Karena itu ini bisa menjadi pilihan alternatif.

Mungkin Anda kembali bertanya-tanya. Bagaimana dengan jaringan developernya? Apakah bank-bank tersebut memiliki jaringan luas? Anda tidak perlu khawatir dengan hal tersebut. Bank-bank tersebut telah berpengalaman. Kerjasama dengan developer juga sudah sangat luas. Bahkan telah mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Anda tidak perlu khawatir mengenai lokasi Anda. Namun jangan terlalu gegabah juga. Sebelumnya konsultasikan pembiayaan rumah murah yang ditawarkan. Setelah yakin, barulah mengambil keputusan.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi