166 Jum'at, 08 November 2013 | 10:21:51

Mau Beli Rumah? Segera Ajukan Pinjaman

mau-beli-rumah-segera-ajukan-pinjaman

Apakah ingin beli rumah dengan cara kredit atau tunai? Pasti semuanya ingin membelinya secara tunai, termasuk Anda. Karena sifat dasar manusia memang selalu ingin terhindar dari sengsara dan mendapatkan kebahagiaan. Pembelian secara tunai atau kontan jelas tidak ribet dan menghabiskan banyak waktu untuk prosesnya. Terhindar juga dari munculnya biaya yang membelit dan takut mengalami kredit macet.

Dalam kenyataannya, tidak semua orang mampu membeli rumah secara tunai. Karena terbatasnya uang yang dimiliki. Dikarenakan ada kebutuhan mendesak yang lebih diprioritaskan. Harga rumah juga terbilang mahal, sehingga butuh waktu lama untuk menabung. Sehingga mencari pinjaman untuk beli rumah atau sistem kredit menjadi alternatif terbaik. Bila kebutuhan rumah telah mendesak, namun kondisi finansial belum memadai.

Memang ketika membeli dengan cara kredit, harganya melambung tinggi. Hal ini yang terkadang menjadi pertimbangan banyak orang. Sehingga mereka takut membeli rumah melalui KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah. Alasan utamanya adalah suku bunga KPR yang sangat fluktuatif. Sehingga sangat mungkin setiap tahunnya bisa bertambah besar bunganya. Semakin lama jangka kredit, tentunya semakin besar angsuran kredit yang harus dibayarkan.

Sayangnya, memang tidak ada cara lain bagi masyarakat yang ingin memiliki rumah. Tapi terkendala dengan masalah finansial. Metode pembayaran dengan cara kredit menjadi alternatif terbaik. Mereka bisa menyicil angsuran setiap bulannya. Tentunya dengan cicilan sesuai kemampuan finansial. Sehingga pinjaman untuk beli rumah tidak menambah beban biaya hidup.

Uang muka biasanya diterapkan dalam pengambilan rumah secara kredit. Besaran uang muka akan memperingan cicilan rumah Anda. Semakin ringan uang muka, maka total yang harus dibayarkan makin besar. Begitu juga dengan cicilan yang ringan tiap bulannya. Maka total yang harus dibayarkan lebih besar. Dibandingkan dengan angsuran yang lebih besar. Jangka waktu kredit juga menentukan besaran uang yang harus Anda setorkan.

Anda jangan berpikir pesimis terlebih dahulu. Niatkan mencicil rumah sebagai tindakan menabung atau berinvestasi. Sehingga Anda tidak merasa keberatan, secara finansial dan pikiran. Yakinlah, harga rumah yang Anda beli akan meningkat tinggi. Karena dalam kenyataannya harga rumah semakin meningkat. Dari tahun ke tahun tidak pernah mengalami penurunan. Jadi, rumah bisa menjadi investasi di masa depan.

Pola pikir yang seperti itu sangat diperlukan. Kalaupun menabung dengan jumlah uang yang sama, belum tentu bisa mendapatkan rumah. Karena suku bunga bank yang fluktuatif dan harga rumah yang terus melonjak. Lagi pula membeli rumah tak pernah turun nilai jualnya. Jadi bila Anda ingin menjualnya pasti untung.

Berbeda bila Anda kredit kendaraan bermotor, seperti motor atau mobil. Baru satu hari saja Anda beli, harga jualnya langsung turun. Karena statusnya menjadi barang second atau bekas. Sehingga nilai jualnya akan menurun. Apalagi kalau sudah dipakai bertahun-tahun, nilai jualnya akan turun drastis. Jelas kredit rumah lebih menguntungkan. Jadi jangan ragu bila telah mendesak, segera ajukan pinjaman untuk beli rumah.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi