221 Selasa, 15 Oktober 2013 | 05:07:59

Mau Ajukan Kredit Bangun Rumah? Simak Ulasan Berikut

mau-ajukan-kredit-bangun-rumah-simak-ulasan-berikut

Setiap pasutri baru pasti menginginkan tinggal mandiri. Namun, memiliki rumah baru bukanlah hal mudah. Diperlukan modal cukup banyak untuk membangun rumah. Akan tetapi tidak perlu khawatir. Meskipun hanya dengan modal sebidang tanah kosong, kini Anda tetap dapat membangun rumah impian. Kredit bangun rumah dapat dicoba sebagai alternatif. Alternatif ini menjadi alternatif yang perlu Anda dipertimbangkan. Sistem kredit ini akan mudah dan memberi keuntungan tersendiri.


Sebidang tanah kini cukup sebagai modal awal. Rumah impian Anda dapat dibangun diatasnya. Rumah impian pun bukan sekedar impian lagi. Anda cukup mengajukan kredit bangun rumah. Beberapa bank telah memberikan jasa layanan tersebut. Sistem pengkreditan cocok jika modal awal terbatas.


Untuk mengajukan kredit diperlukan beberapa persiapan. Apa saja persiapan untuk mengajukan kredit? Berikut dijelaskan beberapa berkas yang perlu dipersiapkan.


1. Sertifikat Tanah
Pertama-tama persiapkan sertifikat tanah. Sertifikat tanah dijadikan sebagai jaminan kredit. Kredit dapat diajukan kepada bank kepercayaan Anda. Keadaan tanah menjadi penentu utama. Letak dan luas tanah menentukan besar kredit. Semakin luas, besar kredit akan semakin tinggi. Semakin strategis, semakin besar pula nilai kredit.


2. RAB
Berkas  lainnya yang perlu dipersiapkan adalah RAB. RAB sendiri adalah rancangan anggaran bangunan. Anda dapat meminta jasa kontraktor untuk membuatnya. Meminta bantuan kontraktor adalah hal yang lazim.
 
3. IMB
IMB merupakan surat izin mendirikan bangunan. IMB dapat diurus di dinas tata kota. IMB sekarang dapat pula diurus di kecamatan.


4. Slip Gaji, Fotokopi Surat Nikah dan KTP
Berkas slip gaji harus dipersiapkan selanjutnya. Slip gaji disertakan bersama RAB dan IMB. Persiapkan pula fotokopi surat nikah dan KTP.


Pastikan semua berkas di atas telah lengkap. Berkas-berkas di atas adalah syarat pengajuan kredit. Anda dapat mengajukan kepada bank yang terpercaya. Anda harus bersabar menunggu keputusan bank karena bank tetap memiliki pilihan untuk menolak maupun meneriam kredit Anda.


Pada tahap awal, pihak bank akan memeriksa tanah Anda. Jika semua disetujui oelh pihak bank, maka pihak bank selanjutnya akan menghubungi Anda. Bank akan menunjuk notaris untuk mengadakan  perjanjian. Bank akan menstranfer uang setelah perjanjian selesai. Adapun yang harus Anda lakukan hanyalah mempersipkan tahap selanjutnya.


Tahap selanjutnya adalah tahap pembangunan. Tahap pembangunan sepenuhnya adalah hak Anda. Akan tetapi, pihak bank masih memiliki hak untuk mengontrol dan mengawasi. Pada tahap pembangunan bank akan melakukan pengawasan. Pihak bank akan memastikan pembangunan berjalan dengan lancar. Pastikan Anda menggunakan dana dari bank dengan sebagaimana mestinya.


Demikianlah persiapan untuk mengajukan kredit. Kredit dapat diajukan untuk cicilan selama jangka waktu 10 tahun. Sungguh keuntungan tersendiri bukan. Memiliki rumah idaman tidak mustahil lagi.  Kredit bangun rumah mewujudkan rumah idaman Anda. Semoga bermanfaat.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi