219 Jum'at, 25 Oktober 2013 | 05:27:04

Masalah Financial Saat Mencicil Rumah? No Way!

masalah-financial-saat-mencicil-rumah-no-way

Di era yang modern ini, harga properti semakin naik dan tentu saja membuat banyak orang makin sulit untuk melakukan kredit pada rumah mereka. Ini tentu saja diperparah dengan bunga yang juga semakin naik dan naik membuat cicilan rumah yang harus dibayar semakin besar pula dan membuat Anda makin lama untuk menyelesaikan kredit Anda. Namun, semua masalah tersebut bisa Anda atasi apabila mengikuti tips kredit rumah yang ada dibawah ini. Pada dasarnya, membeli rumah dengan cash itu merupakan pilihan yang tepat karena rumah yang dibeli dengan cash akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan rumah tanpa harus mencicil lagi setiap bulannya, namun bila Anda terkendala financial, pilihan satu-satunya untuk mendapatkan rumah cepat adalah dengan kredit.

Pertama, tips kredit rumah yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui berapa jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulannya nanti. Provider biasanya akan memberikan beberapa pilihan cicilan yang bisa Anda gunakan. Jika penghasilan Anda tiap bulannya diatas 2 juta rupiah, maka pilihlah cicilian yang ada sekitar 1 juta rupiah. Jika penghasilan Anda diatas 4 juta rupiah, maka pilih cicilan yang lebih tinggi lagi. Dengan menyesuaikan pilihan cicilan bulanan dengan budget, Anda akan terhindar dari masalah krisis keuangan dalam rumah tangga dan masih bisa memiliki sisa cukup uang untuk ditabung nanti.

Kedua, saat Anda hendak melakukan kredit rumah, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan segala jenis persyaratan untuk mempermudah proses tersebut. Biasanya provider akan meminta beberapa syarat terlebih dahulu, misalnya adalah slip gaji yang Anda miliki, kemudian surat nikah, dan lain sebagainya. Ketahuilah hal-hal yang penting tersebut supaya nantinya Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dan kemudahan dalam mencicil rumah menggunakan kredit. Jangan sampai Anda lupa menyiapkan dokumen yang penting tersebut karena saat ini melakukan kredit rumah itu cukup rumit dan akan membuat Anda bingung jika dokumen yang Anda kumpulkan tidak lengkap.

Ketiga, jangan lupa untuk memilih rumah yang harganya disesuaikan dengan budget Anda. Memang ada rumah yang harganya cukup murah sekalipun, yang sebenarnya bisa Anda beli dengan cash, namun jika Anda harus menggunakan uang tersebut untuk keperluan lainnya, misalnya untuk sekolah anak ataupun untuk kebutuhan sehari-hari, maka pilih rumah yang harganya terjangkau agar Anda nantinya bisa menyelesaikan cicilan rumah tersebut tidak sampai bertahun-tahun. Bayangkan jika Anda terlalu memaksakan diri membeli rumah yang mahal seharga 1 Miliyar Rupiah. Perlu berapa tahun Anda harus melunasinya? Silahkan Anda menghitungnya sendiri. Maka dari itu, selektiflah dalam memilih rumah.

Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi