208 Jum'at, 30 Agustus 2013 | 12:54:07

Inilah Tips Agar Tidak Stress Saat Pindah Rumah!

inilah-tips-agar-tidak-stress-saat-pindah-rumah

Menurut Anda mana yang paling membuat Anda stress? Membereskan rumah saat tamu penting akan datang atau mengurus semua keperluan pindahan ke rumah baru? Menurut survey, kegiatan pindahan merupakan salah satu urusan paling membuat stress yang pernah dialami oleh seseorang, bahkan mendekati tingkatan stress yang dialami pasangan yang akan bercerai! Hal ini wajar saja mengingat banyak sekali keperluan yang harus diurus kembali, seperti urusan pemasangan listrik, instalasi air, jaringan telepon, internet dan lain sebagainya. Belum lagi kegiatan mengangkut perabotan dan beres-beres rumah, plus kebutuhan untuk beradaptasi di suasana lingkungan yang baru dan asing bagi Anda. Pindahan tentunya menyebabkan Anda harus menghabiskan tenaga, waktu dan biaya yang cukup banyak.

Namun, jangan sampai kegiatan pindahan membuat Anda stress karena Anda memandangnya dari segi negatif. Pandanglah kegiatan ini sebagai momen untuk memulai kehidupan baru yang Anda idamkan dan sebagai ajang untuk menambah teman baru. Berikut tips untuk menghindarkan Anda dari stress berkepanjangan akibat pindahan:

Siapkan segalanya dari jauh-jauh hari!

Sebaiknya siapkan kebutuhan-kebutuhan pokok yang wajib Anda penuhi sebelum pindah ke rumah baru. Pastikan instalasi listrik, telepon, internet, sistem sanitasi, keamanan dan instalasi air sudah terpasang dengan benar dan tidak bermasalah. Hal ini untuk mencegah Anda terserang stress dadakan ketika mengetahui masalah-masalah tersembunyi pada rumah baru idaman yang membuat Anda tidak bisa mandi dan menyalakan lampu di malam pertama Anda tinggal di sana. Atau kalau perlu, sebelum hari pindahan, Anda sudah membersihkan duluan rumah itu secara terpisah, sehingga nantinya ketika hari pindahan tiba, Anda hanya tinggal menata perabotan dan tidak perlu melakukan bersih-bersih rumah secara keseluruhan. Jika Anda ingin bantuan, coba hubungi tetangga yang berdekatan dengan rumah baru Anda, siapa tahu mereka mau menolong Anda di hari pindahan nanti.

Sewa Mobil Box atau Truk ukuran Besar!

Memang biaya sewa mobil van atau truk ukuran kecil untuk mengangkut perabotan jauh lebih murah dibanding menyewa mobil box ukuran besar. Tapi lebih baik Anda keluar biaya lebih demi efisiensi waktu dan tenaga daripada harus bolak-balik mengangkut perabotan dari rumah lama ke rumah baru karena perabotan yang akan dibawa berjumlah sangat banyak. Hal ini akan membuat Anda lebih stress, kelelahan dan akan menyebabkan kegiatan pindahan memakan waktu yang sangat lama.

Siapkan bekal makanan dan peralatan pribadi untuk berelaksasi!

Kegiatan pindahan pastinya akan sangat menguras tenaga Anda dan akan membuat perut Anda menjadi lapar. Di saat-saat sibuk seperti itu mana mungkin Anda sempat untuk memasak lagi? Memasak setelah pindahan lebih tidak mungkin, mengingat Anda sudah kelelahan. Siapkan saja cemilan-cemilan, makanan siap saji untuk mengisi perut ketika lapar melanda. Atau jika Anda lebih suka makanan rumah, Anda bisa menyiapkan bekal di pagi hari.

Selain itu jangan lupa siapkan kotak khusus atau tas khusus untuk peralatan kecil yang penting, sehingga jika terjadi apa-apa Anda bisa langsung meraihnya segera. Contoh barang yang bisa dipisahkan dalam tempat khusus agar tidak tercecer dan hilang diantara barang-barang pindahan lain antara lain seperti kotak P3K, handphone, dompet, tissue, termos air, toiletries (contoh: pencuci wajah, penyegar, sabun cuci tangan, lotion) dan benda-benda lainnya yang bisa menjaga Anda tetap nyaman dan segar selama kegiatan pindahan.

 

Sumber : Rumahku

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi