277 Jum'at, 02 Agustus 2013 | 04:48:29

9 Tips Beli Rumah Sederhana

9-tips-beli-rumah-sederhana

Rumah Sederhana merupakan salah satu tipe rumah sangat diminati oleh masyarakat kita. Sebelum membahas tips dan trik untuk membeli Rumah Sederhana diperumahan ada baiknya dimengerti dulu perbedaan antara Rumah Sederhana dan juga Rumah Sangat Sederhana. Secara umum Rumah Sederhana dan Rumah Sangat Sederhana dapat dibedakan dengan :

  • Luas lahan bangunan Rumah Sederhana dengan tipe d36 adalah 36 m2 sedangkan Rumah Sangat Sederhana dengan tipe RSS 21 memiliki luas bangunan 21 m2.
  • Letak kamar mandi atau wc pada Rumah Sederhana berada didalam rumah sedangkan untuk Rumah Sangat Sederhana letak kamar mandi berada diluar rumah atau terpisah.
  • Jumlah kamar tidur pada Rumah Sederhana adalah dua kamar tidur sedangkan pada Rumah Sangat Sederhana hanya mempunyai satu kamar tidur.


Saat ini banyak perumahan Rumah Sederhana yang ditawarkan oleh developer perumahan. Memang rumah merupakan salah kebutuhan yang pokok bagi manusia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut semua orang ingin membeli rumah yang diimpikan. Dengan banyaknya perumahan Rumah Sederhana yang ditawarkan sebaiknya kita bijak dan teliti dalam memilih Rumah Sederhana yang kita inginkan. Jangan sampai kita salah memilih hanya karena ikut-ikutan dengan orang lain. Setiap orang memiliki pertimbangan-pertimbangan yang berbeda-beda dalam memilih rumah yang tepat bagi diri mereka sendiri.

Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan untuk mencari dan membeli rumah sederhana :

  1. Hampir semua orang selalu melakukan survey terlebih dahulu sebelum membeli sebuah rumah. Survey biasanya dilakukan dengan membaca iklan di media cetak seperti koran ataupun tabloid. Media yang tak kalah penting pada saat ini adalah internet. Dengan browsing di internet proses pencarian Rumah Sederhana akan menjadi sangat mudah.Dan yang tak kalah penting dengan melakukan survey langsung kelokasi yang inginkan untuk membeli rumah. Dengan survey langsung anda tidak hanya dapat membanding-bandingkan harga tapi juga dapat melihat langsung suasana dan kondisi perumahan yang inginkan.
  2. Setelah selesai dengan proses survey dan perbandingan harga Rumah Sederhana tentunya anda akan melalukan pengecekan terhadap rumah sederhana yang akan anda beli.
  • Hal paling utama yang selalu dikatakan oleh semua pakar property dalam membeli rumah adalah lokasi. Lokasi yang tepat tidak saja membuat anda puas dengan pilihan anda tapi juga nantinya akan menjadi investasi jangka panjang yang menguntungkan. Model dan bagusnya rumah selalu menjadi pertimbangan kedua saja. Jika sebuah rumah yang tidak terlalu bagus tapi berada dilokasi yang bagus dan diminati oleh banyak orang, tentunya rumah tersebut dapat direnovasi atau dibangun menjadi bangunan yang lebih bagus.
  • Jika anda merupakan pasangan rumah tangga yang baru atau bahkan yang sudah mempunyai anak-anak kecil, penting untuk diingat untuk mendapatkan rumah sederhana yang berada didalam perumahan karena lingkungan rumah di perumahan relatif lebih aman bagi anak-anak anda untuk bermain. Akan lebih baik lagi kalau perumahan tersebut mempunyai taman bermain. Kalaupun anda terpaksa untuk tinggal dilingkungan yang bukan perumahan, usahakan untuk memiliki rumah sederhana yang mempunyai taman bermain yang cukup untuk anak anda.
  • Hadap rumah juga penting untuk anda perhatikan. Misalnya anda suka panas matahari pagi ada didepan rumah anda tentunya anda sebaiknya memilih rumah yang menghadap ketimur, dan begitu juga sebaliknya jika anda ingin panas matahari sore ada didepan rumah nada sebaiknya anda memilih rumah yang menghadap ke barat.
  1. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai Rumah Sederhana yang akan anda beli, anda bisa datangi langsung kantor pemasaran dari perumahan tersebut. Biasanya kantor pemasaran Rumah Sederhana ada dilokasi perumahan tersebut juga. Dengan mendatangi kantor pemasaran, anda tidak hanya mendapatkan informasi mengenai harga rumah sederhana tapi juga anda bisa mendapatkan penjelasan tentang situasi lingkungannya dan juga bahkan informasi perkembangan harga rumah yang akan beli dimasa akan datang, apakah bisa menjadi investasi yang menguntungkan.
  2. Pengembang perumahan biasanya akan menawarkan rumah yang sudah siap huni dan juga rumah indent. Rumah siap huni relatif disukai karena pembeli sudah bisa melihat langsung bentuk fisik dari rumah yang akan dibeli sedangkan untuk rumah indent, pembeli hanya diberikan brosur atau gambar dari rumah yang akan dibangun. Rumah indent biasanya akan selesai beberapa bulan setelah calon pembeli membayar tanda jadi dan angsuran-angsuran berikutnya. Membeli rumah sederhana indent anda harus sangat teliti dengan spesifikasi yang diberikan, jangan sampai pada saat rumah sederhana telah selesai dibangun ternyata spesifikasinya berbeda.
  3. Untuk harga rumah kita harus, teliti jangan sampai nanti ada biaya-biaya terselubung. Dari awal harus jelas biaya-biaya apa saja yang akan anda keluarkan sampai anda melunasi pembelian rumah sederhana tersebut
  4. Jika anda memilih untuk memiliki Rumah Sederhana yang siap huni maka biasa akan memerlukan waktu antara 1 sampai dengan 2 bulan setelah akad kredit sampai dengan serah terima rumah tersebut. Biasa waktu 1 sampai dengan 2 bulan tersebut adalah untuk melakukan pembersihan, pemasangan listrik, PAM dan lain sebagainya.
  5. Pengembang yang bagus adalah pengembang yang memberikan jaminan 3 sampai dengan 6 bulan jika ada kerusakan-kerusakan pada rumah sederhana yang anda beli. Sepanjang masa jaminan tersebut cobalah anda teliti terus kekurangan-kekurangan yang mungkin ada di rumah tersebut seperti genteng yang bocor atau juga dinding retak, jangan sampai masa jaminan sudah habis anda baru melakukan complain
  6. Untuk menjaga jaminan dari pengembang tetap berlaku sebaiknya anda tidak melakukan renovasi atau perbaikan-perbaikan dengan skala besar, kecuali anda memang sudah siap dengan tidak mendapatkan jaminan dari developer perumahan tersebut.
  7. Nah terakhir… siapkanlah segala sesuatu sebelum anda pindah ke Rumah Sederhana tersebut. Jangan sampai ada pekerjaan yang akan membuat repot jika anda sudah pindah seperti, memasang teralis, pompa air atau juga ngebor sumur. Tentunya pekerjaan tersebut akan relatif mengganggu jika barang-barang anda sudah berada didalam rumah.

 

 

 Semoga bermanfaat!

Sumber : Rumahsederhana123

 

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi