66 Senin, 10 Mei 2013 | 05:30:25

Desain Minimalis, Tetap Cantik di Batas Hutan Desain Minimalis

desain-minimalis-tetap-cantik-di-batas-hutan-desain-minimalis

KOMPAS.com - Proyek bernama "Home 09" ini adalah sebuah rumah tumbuh yang didesain oleh arsitek asal Belanda, Paul de Reuter. Rumah ini berlokasi di tepi hutan Kennemer Dunes National Park, Belanda Utara, yang dikelilingi pepohonan hijau dan vegetasi liar. 

Sesuai dengan struktur minimalis hasil pemikirannya, Paul menampilkan interior sederhana berbentuk geometris dan koneksi antarruang yang simpel dipenuhi cahaya natural. Dengan panel kaca besar di kedua sisi dalam dan luar, ia berhasil mengekspos lanskap indah di sekelilingnya sehingga seolah menjadi "kawasan pribadi" si pemilik rumah.

Untuk lebih menekankan kesan alami itu, Paul menggunakan lembaran kayu pinus sebagai material utama untuk dijadikan focal point rumah ini, terutama pada beberapa bagian dinding, lemari dan kabinet, pintu geser, tempat tidur, serta area pemanas.

Adapun kenyamanan di tengah rumah ini didapatkan Paul dari sikulasi cahaya vertikal berupa langit-langit kaca. Dengan demikian, pada siang hari pemilik rumah hanya akan menerima cahaya matahari dari skylight itu yang senantiasa dipantulkan dinding-dinding putih dan lantai beton berwarna di dalamnya.

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi