273 Rabu, 13 November 2013 | 09:24:42

Panduan Balik Nama Saat Beli Rumah Lelang

panduan-balik-nama-saat-beli-rumah-lelang

Memiliki rumah sendiri itu memang menjadi impian semua orang terlebih lagi jika Anda sudah berkeluarga, karena rumah merupakan tempat dimana Anda bisa menjalin keluarga yang harmonis dan juga hangat di dalam rumah pula Anda menemukan kebahagiaan bersama keluarga Anda setelah seharian Anda bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda dan keluarga Anda, untuk itulah banyak orang yang ingin membangun atau membeli rumah, di dalam membeli rumah bisa secara langsung dan secara lelang, namun di dalam membeli rumah secara langsung dan secara lelang memiliki perbedaan.

Dalam beli rumah lelang, prosedurnya memang tidak sama dengan membeli rumah secara langsung. Anda tidak bisa secara langsung membeli rumah dengan pemiliknya tetapi Anda membeli rumah tersebut melalui balai lelang yang memang sudah ditunjuk. Biasanya yang akan Anda beli adalah asset – asset yang telah disita oleh bank karena kredit macet atau karena tidak bisa mengembalikan kredit yang sudah diterima oleh orang tersebut.

Dalam proses lelang, Anda harus mengajukan permohonan lelang kepada balai lelang baik itu milik swasta atau milik pemerintah. Jadi balai lelang swasta nantinya hanya membantu Anda dalam mengurusi dokumen – dokumen karena Anda harus mengajukan permohonan dengan dokumen – dokumen. Adapun beberapa dokumen yang harus Anda siapkan adalah surat permohonan lelang, surat somasi, perjanjian kredit dan surat – surat resmi yang lainnya.

Anda harus menunggu terlebih dahulu pengumuman pemenang lelang. Selain itu di dalam membeli rumah lelang, pada akhirnya nanti Anda juga harus membalik nama sertifikat rumah tersebut dengan nama Anda sebagai pemilik rumah yang baru.

Adapun beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk balik nama dalam beli rumah lelang adalah surat permohonan balik nama, kutipan risalah lelang, sertifikat resmi dan asli dari rumah yang tersebut, fotocopy identitas diri Anda, bukti pelunasan pembayaran, bukti pembayaran SSB, bukti pembayaran SSP, risalah lelang dan beberapa syarat yang lainnya.

Membeli rumah secara lelang menurut sebagian besar orang memiliki resiko yang relative rendah sehingga banyak orang yang memilih untuk membeli rumah secara lelang. Selain itu Anda juga bisa melihat dan juga mengecek keadaan rumah serta surat – surat resmi yang ada. Dengan demikian tentu saja Anda akan lebih pas dan lebih puas dalam membeli rumah serta mendapatkan rumah yang nantinya nyaman dan aman untuk Anda tinggali bersama keluarga Anda, selain itu dengan memiliki surat serta sertifikat resmi, nantinya juga tidak akan mengalami masalah kedepannya.


Sumber : Property Kita

📄 View Comment

Bagikan:

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Referensi