377 Jum'at, 08 Januari 2016 | 04:15:37

Mendesain Rumah Untuk Usia Lanjut

mendesain-rumah-untuk-usia-lanjutinfoproperti

Setiap orang pasti akan memasuki fase usia lanjut atau yang sering disebut dengan kata lansia. Fase ini adalah suatu proses alami yang tidak mungkin untuk dihindari. Pada usia ini, perubahan fisik dan psikis seseorang  lambat laun akan terlihat. Mulai dari masalah persendian biasanya pada bagian tungkai dan lengan, yang menyebabkan seseorang pada usia ini menjadi sulit berjalan.

Khusus bagi Anda yang saat ini tinggal bersama orang tua berusia lanjut, sebaiknya  memperhatikan semua sisi di dalam rumah hal ini adalah untuk memudahkan mereka ketika akan melakukan aktivitas.
Adapun sisi-sisi yang  harus Anda perhatikan ketika akan mendesain rumah untuk lansia agar aman adalah sebagai berikut:

1 . Letak Kamar Mandi

Posisi kamar mandi sebaiknya diletakkan dekat ataupun menyatu dengan kamar tidur dan ruang keluarga. Dengan demikian sangat ber guna untuk memudahkan orang tua Anda apabila ingin mengakses kamar mandi. Semakin usia  bertambah kekuatan tubuh pun berkurang . Tubuh lansia yang renta membuat mereka seakan tidak memiliki  banyak tenaga untuk bergerak ke ruang lain, selain dari kamar tidur dan kamar mandi.
Ada baiknya juga untuk ukuran kamar mandi didesain luas dengan begitu dapat memudahkan mobilitas lansia jika berada di kamar mandi. Pasang pegangan pada dinding kamar mandi, terutama pada sisi pancuran, toilet, serta bak mandi untuk berendam. Adanya pegangan dapat memudahkan lansia untuk keluar masuk dari bak mandi, serta bisa mengurangi risiko tergelincir. Atau bisa juga dengan cara  meletakkan tempat duduk tepat di bawah pancuran , hal ini sangat berguna untuk lansia yang tidak mampu berdiri dalam waktu lama.  Didalam pemilihan lantai sebaiknya memilih lantai yang bertekstur seperti batu alam agar yang tak licin dan aman serta  hindari  level atau tangga di antara kedua ruangan tersebut.

2.  Pemilihan Furnitur

Furnitur yang akan di letakkan di dalam kamar mandi jangan yang berkesan licin. Bersihkan furnitur secara rutin supaya  terhindar dari jamur yang muncul.  Apabila diperlukan bisa juga diberi  karpet atau matt sebagai alas lantai kamar mandi. Hal ini berguna karena karet dapat  menyerap air dan juga bisa dijadikan alternatif alas kamar mandi. Pergunakan WC duduk, agar lebih aman.
Sedangkan untuk furnitur di kamar tidur, bisa menggunakan lemari pakaian dan meja rias yang berukuran rendah.  Gunakan gagang pintu dan kuncinya dan letakkan jangan terlalu tinggi agar orang tua dapat mudah untuk meraihnya.

3. Sanitair

Penggunaan sanitair sebaiknya menggunakan sistem air otomatis misalnya selang atau pancuran, yang bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah buang air ataupun pada saat  mandi. Dengan begitu, lansia tidak perlu lagi untuk bersusah payah mengangkat gayung sebab bisa mengakibatkan otot terkilir.

4. Cahaya

Dari segi pencahayaan sebaiknya menggunakan lampu dengan watt rendah yang mampu meminimalisasi radiasi panas. Memanfaatkan cahaya matahari di siang hari juga dapat membantu sistem pencahayaan, disamping dapat mengeluarkan  sinar yang hangat,  juga dapat menciptakan nuansa yang dihasilkan juga lebih menyenangkan. Jika ingin memilih jendela sebaiknya memilih jendela yang mudah di buka tutup karena pada usia lansia cenderung sensitif terhadap hawa dingin.

5. Pertukaran Udara

Sirkulasi ataupun pertukaran udara sangat penting termasuk untuk kamar mandi supaya  tidak pengap dan kesehatan lebih terjamin. Oleh karena itu dapat dilakukan dengan cara memperbanyak ventilasi atau bisa juga dengan menciptakan taman kecil di sisi kamar mandi. Hal ini  tidak hanya baik bagi paru-paru akan tetapi bisa menciptakan suasana lebih ceria yakni dengan menikmati indahnya taman.

6. Koridor

Ukuran koridor juga sebaiknya lebih diperlebar  untuk mudahkan juga akses antar ruangan di dalam rumah sehinga bisa  memudahkan pergerakan orang tua yang berjalan jika menggunakan alat bantu seperti  kruk atau kursi roda. Begitupun dengan akses menuju luar rumah yang harus dibuat menjadi lebih lebar. Dapur sebagai  tempat penyimpanan makanan sebaiknya untuk menyimpan makanan lansia  tidak disimpan di tempat yang tinggi, untuk memudahkan orang tua didalam menggapai barang-barang yang mereka butuhkan dengan mudah.

Sumber: Okezone


📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel