491 Sabtu, 21 November 2015 | 01:45:02

Tips Tanggulangi Banjir Masuk Rumah

tips-tanggulangi-banjir-masuk-rumahjakartapiranti

Pada musim penghujan apabila menempati rumah di kawasan banjir memang sangat merepotkan. Betapa tidak,  sudah barang tentu setiap orang yang tinggal dikawasan rawan banjir akan langsung merasa was-was sebab kuatir takut  air masuk ke dalam rumah.

Apabila harus pindah rumah pasti akan memerlukan biaya lebih besar jika dibanding harus mengganti perabotan rumah yang rusak akibat banjir. Kebimbangan seperti itu pun akan senantiasa menghantui Anda setiap harinya.

Ada 3 (tiga) cara yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi bahaya banjir agar tidak melanda perumahan Anda adalah sebagai berikut;

1. Fondasi rumah dibuat lebih tinggi

Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan meninggikan fondasi rumah sehingga lantai rumah akan menjadi lebih tinggi. Walaupun membutuhkan modal  yang tidak sedikt atau sampai menguras kantong namun dengan cara seperti itu mampu mencegah banjir masuk ke dalam rumah Anda. Adapun yang harus diperhatikan  pada saat meninggikan lantai rumah, yaitu perhatikan tinggi plafon, utilitas di bawah lantai, level ruang luar dan rumah, serta peletakan jendela dan pintu. Meninggikan lantai rumah, itu artinya Anda telah  merenovasi setengah bagian dari rumah Anda.

2. Menguruk tanah disekeliling rumah

Pada umumnya salah satu penyebab dari  banjir masuk kedalam rumah adalah kondisi rumah Anda yang lebih rendah dari permukaan jalan.  Bahkan akan lebih parah lagi apabila rumah Anda berada di pinggir jalan raya dimana kerap dilalui kendaraan setiap harinya. Pada saat  banjir datang sontak air akan masuk ke dalam rumah.

Anda dapat melakukan pegurukan  tanah di sekeliling rumah dan kemudian membuat tanggul yang mengelilingi batas  pekarangan rumah Anda. Apabila sekeliling rumah lebih tinggi, sudah tentu air  akan lebih sulit masuk ke dalam pekarangan. Hal yang perlu diingat adalah dengan mempertimbangkan akses masuk kendaraan ke dalam pekarangan Anda.

3. Membuat sumur resapan dan biopori

Cara ini bisa dikatakan sebagai cara yang paling mudah yaitu dengan  membuat sumur resapan. Banjir di sekitar rumah bisa diatasi dengan membuat sumur resapan agar  air dapat lebih mudah meresap ke dalam tanah. Disamping membuat sumur resapan, Anda juga bisa membuat biopori.  Yang dimaksud dengan Biopori adalah lubang-lubang kecil yang dibuat di tanah yang bertujuan mempercepat peresapan air. Pembuatan biopori bisa  dilakukan dengan bantuan alat seperti bor tanah.

Sumber :  iDEA

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel