355 Senin, 10 Agustus 2015 | 05:14:52

Renovasi Aman Untuk Penderita Asma

renovasi-aman-untuk-penderita-asmatrendrumah

Berbagai  pertimbangan didalam memperhitungkan setiap pekerjaan yang akan dilakukan adalah hal yang penting seperti, budget yang akan dikeluarkan dan hasil yang diharapkan. Namun, apabila ingin melakukan renovasi  perlu  juga untuk memikirkan  tentang orang-orang yang akan menggunakan ruangan  yang akan direnovasi,  apalagi jika diantara penghuni ada yang menderita alergi atau asma.

Merenovasi ruangan atau rumah dapat dilakukannya sendiri atau dengan menggunakan jasa profesional, dan tentunya untuk setiap proyek pasti akan  memiliki potensi agar dapat memudahkan bagi penderita alergi dan asma yang tinggal di rumah Anda. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan apabila Anda ingin merenovasi ruangan ataupun rumah Anda sementara ada keluarga yang menderita alergi atau asma antara lain :

1. Lemari
Apabila akan menambah ataupun hendak mengganti lemari, sementara dalam keluarga ada yang menderita alergi atau asma maka sebaiknya Anda memilih lemari yang berbahan rendah volatile organic compound (VOC), jangan memilih bahan-bahan yang mengeluarkan senyawa organik tingkat tinggi dimana bahan-bahan tersebut  sangat mudah menguap seperti formalin, adapun bahan –bahan yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan adalah seperti  pressed wood, particleboard atau papan komposit.

2. Jendela
Pada umumnya Jamur dan debu adalah sebagai pemicu yang dapat membuat penderita  alergi atau Asma susah untuk bernafas. Pernafasan bagi penedrita alergi ataupun asma dapat terganggu apabila suatu ruangan terlalu lembab. Jadi, memperbaiki kualitas jendela dan pintu sangat penting karena bermanfaat untuk hemat energi  disamping itu juga dapat mempengaruhi aliran udara serta dapat mengurangi kelembaban sehingga akan terhindar dari jamur dan lumut.

3. Kualitas udara
Kualitas udara bagi  penderita alergi dan asma didalam suatu ruangan adalah hal yang sangat penting. Apabila ada pendingin ruangan maka pastikan filter diganti secara rutin dan pastikan saluran udara di rumah tidak dihalangi dengandemikian air dapat mengalir secara efektif.   Sistem pemanas atau pendingin udara yang digunakan dalam sebuah ruangan merupakan ventilasi dan pendingin udara yang secara tidak langsung dapat mempengaruhi dalam peningkatan kualitas udara itu sendiri.

4. Lantai
Lantai kayu bisa dikatakan pilihan yang pas bagi penderita asma sebab lantai kayu bersifat lebih ramah dan cocok untuk  penderita asma dan alergi ketibang harus menggunakan karpet. Apabila Anda  masih menggunakan karpet dalam kamar Anda, maka hal yang harus dilakukan untuk membersihkannya adalah dengan cara  melakukan vakum secara mingguan.

5. Perhatikan kebocoran
Jangan biarkan jika terdapat pipa bocor atau air yang merembes pada dinding, hal ini akan menimbulkan kelembaban kemudian akan  menjadi sumber jamur. Disamping itu  juga menunjukkan adanya potensi kerusakan yang lebih besar olehkarena itu  harus segera diatasi jadi jangan tunggu kerusakan air di rumah Anda ditumbuhi  jamur dan lumut.

Dengan langkah-langkah diatas kini Anda dapat mempertimbangkan apa yang dapat Anda lakukan dalam proyek merenovasi rumah yang tepat  dan menguntungkan rumah sendiri namun tidak merugikan  orang  yang penderita  asma atau alergi yang dalam rumah Anda.

Semoga Manfaat,
Sumber : kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel