374 Selasa, 03 Maret 2015 | 02:53:21

Menikmati Dapur Di Alam Terbuka

menikmati-dapur-di-alam-terbukaarsindociptakarya

Sangat jarang sekali orang di zaman sekarang menerapkan konsep outdoor padahal konsep ini memiliki keuntungan bagi pemiliknya. Dengan menerapkan konsep dapur di luar ruangan pemilik dapat  menikmati suasana taman belakang rumah tanpa harus meninggalkan kewajibannya untuk memasak di dapur.

Dapur berkonsep outdoor sangat membantu sekali jika kita ingin menyelenggarakan garden party atau pesta keluarga lain, kehadiran dapur outdoor ini sangat diperlukan.

Apalagi, negara kita ini beriklim tropis dimana cuaca cerah bisa terjadi sepanjang hari. Bisa hemat listrik juga karena pencahayaannya dapat diterima langsung dari sinar matahari.

Yang perlu diperhatikan sebelum membangun dapur outdoor di rumah, sebaiknya kita melihat berbagai macam pertimbangan, misalnya lokasi dimana dapur tersebut akan dibangun, bahan material yang akan dipakai, alat – alat serta furnitur yang dibutuhkan, serta  desain yang tepat agar dapur terasa aman dan nyaman meskipun berada di luar ruangan.

Jika ingin membangun dapur dengan konsep out door sebaiknya pilih material yang kuat, tahan lama, dan tahan terhadap perubahan cuaca. Untuk meja dapur pilihlah meja konter yang luas sehingga cukup untuk menyiapkan makanan sekaligus menyajikannya. Pilihlah material yang kuat yang terbuat dari batuan alam, ubin, atau beton.

Jika ingin menggunakan kabinet, pilihlah kabinet yang terbuat dari bahan yang cukup kuat dan tak mudah lapuk. Anda boleh memilih kabinet yang berbahan kayu jati atau kayu cedar karean karena  kedua jenis kayu tersebut cukup kuat untuk digunakan di luar ruangan. Kabinet yang berbahan polymer atau kayu lapis dapat  juga Anda jadikan pertimbangan.

Untuk lantainya pilihlah material yang tahan dan tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus seperti semen, batuan, kayu atau bisa juga menggunakan  batu bata atau batuan kecil – kecil agar lebih terlihat natural.

Disamping itu kita juga harus memperhatikan  struktur atap dan langit-langit dimana akan melindungi kita pada saat kita melakukan aktifitas di dapur, terutama pada siang hari. Pilihlah bahan atap yang tepat dan  mampu melindungi Anda dari hujan dan terik sinar matahari. Untuk atap bisa dibuat yang permanen atau yang non permanen sehingga dapat dimasukkan  ke dalam saat tidak akan  digunakan.

Namun, jika Anda akan menggunakan atap permanen, Anda akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Olehkarena itu, Anda dapat menggunakan atap semi permanen yang terbuat dari seng, kayu  atau pun triplek.

Meskipun dapur ini berada di luar ruangan, namun area ini harus tetap merupakan bagian dari keseluruhan rumah itu sendiri sehingga diperlukan kenyamanan dan harus mempunyai  tampilan yang  menarik. Atap jenis apapun yang akan Anda pilih usahakan atap cukup digunakan untuk berteduh, sehingga pada saat Anda melakukan aktifitas  di dapur tidak akan merasa kepanasan.

Biarkan angin dan sinar matahari serta udara luar yang sejuk menjadi bagian dari dapur outdoor Anda karena dengan ini Anda bisa merasakan kenyaman beraktifitas di luar ruangan. Agar lebih terasa nyaman sebagai sentuhan akhir, Anda bisa juga meletakkan beberapa meja dan tempat duduk yang nyaman  untuk menikmati makanan yang akan Anda sajikan.

Semoga Manfaat

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel