249 Senin, 09 Februari 2015 | 03:18:01

Fasad Rumah

fasad-rumahIe-studio

Mungkin belum banyak orang yang tahu apa yang dimaksud dengan fasad . Istilah fasad mungkin biasanya  hanya sering terdengar dikalangan desainer, arsitek  dan para kontraktor bangunan saja. Karena jarang sekali orang-orang menggunakan kata fasad.

Istilah fasad lebih mengacu pada bagian depan ataupun bagian muka suatu bangunan, jadi yang dimaksud dengan fasad disini adalah wajah ataupun bagian depan yang terdapat pada suatu bangunan baik itu bangunan gedung ataupun bangunan untuk sebuah hunian. Misalnya, Bagian depan bangunan yang menghadap jalan atau taman maka jalan dan taman adalah merupakan bagian yang disebut fasad, karena jalan dan tanaman menjadi bagian yang langsung terlihat dari depan suatu bangunan. Bangunan yang memiliki obyek di depan bangunan,  lebih dari satu seperti contoh di atas yakni memiliki fasad jalan dan taman maka fasad ini dinamakan dua fasad.

Pada umumnya gaya tampilan pada fasad mengikuti gaya pada desain bangunannya, sebagai contoh fasad rumah minimalis, fasad rumah tropis, fasad rumah modern, fasad gaya minimalis modern, fasad gaya minimalis sederhana. Masing-masing rumah memiliki fasad yang berbeda, tergantung dari desain ataupun ide yang di buat oleh desain dari rumah itu sendiri.

Fasad juga sangat berpengarung pada letak ataupun derah dimana bangunannya akan di bangun. Gaya fasad tertentu kadangkala membawa simbol-simbol budaya pada suatu  daerah tertentu. Misalnya, Rumah Gadang, Rumah Betawi, Rumah Toraja, Rumah Bali dan lain sebagainya.

Fasad bangunan atau bagian muka pada sebuah bangunan baik itu  rumah ataupun gedung ,  bisa menjadi bagian dan struktur bangunan, namun juga bisa saja fasad terlepas dari struktur bangunan aslinya, sehingga fasad bangunan menjadi seperti topeng yang menempel pada bangunan.

Sumber : seputarrumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel