336 Jum'at, 23 Januari 2015 | 12:57:10

Cara Mengatasi Banjir Di Rumah Sendiri Dengan Biopori

cara-mengatasi-banjir-di-rumah-sendiri-dengan-bioporitribunnews

Musim hujan telah datang, hampir setiap hari hujan turun membasahi bumi. Hujan datang banjir pun akan segera datang begitulah musim hujan selalu identik dengan musim banjir. Sebenarnya bukan hujan yang harus disalahkan, tapi manusialah yang harus disalahkan dalam hal ini karena manusia selalu melawan kehendak alam. Misalnya, banyak sekali rawa-rawa yang disulap menjadi pemukiman, sungai yang besar di perkecil, tanah tempat mengikisnya air diberi lapisan beton, dan lain sebagainya.
Pada Zaman dahulu rumah tinggal milik nenek moyang  di kelilingi oleh lunamg-lubang kecil.  Metode yang dipakai oleh nenek moyang ini oleh ilmuwan dinamakan  Biopaori.

Biopori dapat di terapkan kembali dengan membuat lubang-lubang kecil guna untuk menyerap air hujan. Lubang-lubang tersebut kemudian diisi kan daun-daun atau rumput-rumput yang kemudian akan menjadi tempat berkumpulnya binatang tanah seperti cacing yang berfungsi untuk membuat serapan-serapan lanjutan ke perut bumi yang pada akhirnya air akan mengalir menjadi mata air ke sunga, rawa  dan sejenisnya.

cara pembuatan lubang-lubang serapan air hujan, sebagai berikut :

Pertama, Buatlah lubang-lubang disekitar rumah, Anda dapat menggunakan bor untuk melubanginya.

Kedua, Pilihlah tanah yang lebih kering sebagai titik lokasi.

Ketiga, Lubangi titik yang dijadikan lokasi dengan diameter 10-15 cm dan kedalaman antara 50-100 cm.

Keempat, Isi lubang yang telah dibor tersebut dengan rumput-rumput dan sampah-sampah organik

Kelima, tutup lubang yang telah di isi sampah-sampah organic dengan menggunakan besi yang telah di rangkai sehingga lubang tidak tersumbat oleh benda-benda lain.

Dalam Waktu kira-kira dua minggu lubang tadi sudah berfungsi dengan baik untuk menyerap setiap tumpahan air hujan yang mengalir di sekitar rumah anda.

Anda pun dapat mengajak tetangga di perkampungan Anda untuk melakukan hal yang sama, agar lingkungan Anda selalu asri dan nyaman.

Biopori juga bermanfaat untuk menyuburkan tanah karena banyaknya binatang tanah terutama cacing yang membaur didalam  lubang buatan tersebut.
Selamat mencoba.

Sumber : Kompasiana




📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel