223 Jum'at, 16 Januari 2015 | 05:45:39

Pencahayaan Untuk Ruang Makan

pencahayaan-untuk-ruang-makanProperti Kompas

Pencahayaan pada ruang makan memiliki peran penting karena dengan pencahayaan yang baik dapat membangun suasana. Jika pencahayaan pada ruang makan tidak baik maka kegiatan makan terganggu karena buruknya pencahayaan.

Hampir disetiap ruangan, cahaya merupakan salah satu faktor penentu kenyamanan suatu tempat. Cahaya yang terang saja tidak cukup, karena perlu ada skema khusus agar penglihatan tak terganggu.

Elizabeth Wilhide dalam bukunya Light Your Home mengatakan, jika kita berada dalam ruang makan maka kita akan fokus pada meja makan. Jadi apapun makanan yang disajikan di ruang makan dapat menjadi fokus perhatian kita,serta kegiatan apapun yang terjadi di sana, harus dapat  didukung oleh pencahayaan secara fleksibel.

Whilhide juga  memberikan beberapa trik untuk kenyamanan visual di ruang makan:

- Pastikan cahaya yang dipancarkan cukup lembut dan halus, namun jangan terlalu redup.

-Penempatan lampu gantung dapat dijadikan alternatif yang baik untuk menghadirkan fokus.

- Untuk menghindari cahaya yang menyilaukan, sebaiknya lampu gantung di letakkan dengan posisi yang rendah. Namun, jangan terlalu rendah, karena bisa menghalangi pandangan ke sekitar meja.

- Lampu tambahan seperti wall sconce dapat  memberi efek yang baik dan dapat menciptakan ruangan lebih berkesan  lega dan terbuka. Lampu meja atau standing lamp juga dapat dijadikan alternatif untuk memberikan efek serupa.

- Downlight sebaiknya jangan digunakan di sekitar area makan. Karena akan mempersulit dalam menemukan posisi yang tepat untuk menghindari pencahayaan yang menyilaukan tersebut.

- Untuk melengkapi dekorasi pada ruang makan Anda, dapat memberikan aksen cahaya pada benda-benda pajangan pada dinding atau rak di sekitar area ruang makan.
Pada dasarnya, dari beberapa tips tersebut, desain yang baik ialah desain yang mampu memberikan kenyamanan. Baik itu kenyamanan psikologis ataupun sebatas visual.

Semoga manfaat.

Sumber: iDEA

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel