2602 Selasa, 23 Desember 2014 | 04:02:31

Cara Efektif Menata Dapur Sempit

cara-efektif-menata-dapur-sempitdesainrumahnya

Untuk sebagian orang berpendapat bahwa untuk memiliki dapur yang nyaman adalah tergantung dari ukuran sehingga mereka beranggapan “ukuran adalah segalanya”.  Ruang dapur bisa menjadi nyaman jika saja si pengguna dapat menata ruang dapur yang sempit namun dapat berkesan lega. Untuk meciptakan apa yang menjadi impian, Anda tidak perlu membutuhkan ruangan yang besar untuk membuat dapur berfungsi dengan baik dan nyaman.  Apakah  Anda  ragu?, ada beberapa cara efektif yang dapat  membuat dapur mungil Anda  jauh lebih nyaman dan fungsional.

Seorang chef terkenal Mario Batali pernah berkata, "Mereka yang tidak memiliki keahlian dalam  memasak yang akan menyalahkan peralatan memasaknya". Buktinya saya dapat membuat semua masakan di restoran saya, hanya dengan menggunakan pemanggang listrik yang tidak bagus dan oven biasa. Oleh Karena itu sebelum Anda mulai mendesain dapur mungil Anda menjadi lebih berfungsi , pastikanlah terlebih dahulu bahwa bentuk, ukuran ataupun peralatan dapur Anda dalam keadaan baik.

Berikut cara efektif menata dapur kecil dan mungil

1. Kerapian adalah hal pertama dan terpenting dalam membuat ruang yang berukuran terbatas menjadi efisien.Oleh karena itu temukan semua tempat barang dapur. Barang yang tertata rapi akan memberikan kesan dapur  bersih dan nyaman.

2. Ruang dapur yang sempit sebaiknya Anda jangan menggunakan lemari yang berpintu oleh karena itu lepas pintu lemari dapur dan membiarkan isi lemari bisa terlihat dengan mudah, atau Anda dapat menggunakan pintu kaca.

3. Jangan menumpuk barang,  seperti piring membuat dapur karena akan berkesan dapur tersebut  penuh akan barang-barang. Yang dapat Anda lakukan dalam hal ini adalah memberikan warna cat dinding dengan warna putih dan gunakan piring dengan warna putih pula. JIka warna dinding sama dengan warna piring maka piring yang menumpuk akan tampak menghilang dan membuat dapur Anda terasa lebih rapi dan luas.

4. Dalam menggunakan peralatan dapur sebaiknya Anda sesuaikan dengan ukuran serta jumlah peralatan memasak atau peralatan makan-minum dengan luas dapur. Jika Anda terdiri dari keluarga kecil sebaiknya Anda jangan menggunakan penanak nasi (rice cooker) yang berukuran besar. Untuk piring dan gelas yang akan di letakkan di dapur sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda jadi jangan terlalu banyak menumpuk barang di dapur yang sempit.

5. Usahakan pencahayaan di dapur cukup baik. Dapur sebaiknya memiliki akses ke sinar matahari, serta berikan juga pencahayaan lampu pijar. Jika ruang dapur Anda  gelap akan lebih lembab, apalagi, jika dapur sama sekali tidak mempunyai akses ke sinar matahari alami. Berikan lampu pada bagian bawah lemari dapur dan berikan cahaya juga pada permukaan meja dapur agar tidak gelap. Dengan cahaya yang baik maka dapat memudahkan Anda dalam melakukan masak-memasak, Andapun akan merasa nyaman dalam memasak.

6. Menghemat tempat, misalnya Anda dapat menggunakan furnitur multi guna seperti menempatkan meja kecil di dapur. Hal ini sangat baik dan bermanfaat untuk dapur mungil. Meja digunakan sebagai island atau permukaan tambahan memasak serta untuk menyantap makanan. Tentu akan lebih fungsional dan hemat tempat.

Semoga cara ini dapat membantu Anda dalam menata ruang dapur yang sempit.

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel