1461 Senin, 03 November 2014 | 03:23:53

5 Jenis Kayu Tepat Untuk Gazebo

5-jenis-kayu-tepat-untuk-gazeboPinterest

Apakah anda tertarik untuk menambahkan gazebo untuk tempat bersantai di taman hunian anda? Jika iya, ada satu hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk membangun atau membeli sebuah gazebo, yakni material yang digunakan, mengingat gazebo harus tahan dengan perubahan cuaca yang drastis karena letaknya di luar ruangan.

Sebenarnya, ada banyak sekali material yang dapat anda gunakan untuk membuat gazebo, seperti besi, kaca, batu, sampai bambu. Kayu merupakan salah satu material yang paling sering digunakan untuk membuat gazebo, karena material ini terkenal dengan kehangatannya.

Nah, sebelum anda mulai membangun atau mencari gazebo idaman anda untuk dibeli, yuk kita kenali dulu macam-macam kayu yang unggul untuk digunakan sebagai bahan dasar gazebo!

Kayu Jati
Kayu jati memiliki karakteristik berbatang besar, lurus, dan bisa tumbuh hingga 30-40 meter. Jadi jika anda memilih kayu jati sebagai bahan gazebo anda, anda tidak perlu lagi takut dan mempertanyakan daya tahannya pada cuaca, sudah pasti gazebo anda tahan lama dan kuat dengan perubahan cuaca yang drastis. Satu kekurangan kayu jati adalah harganya yang melangit, untuk membangun gazebo dari material kayu jati, anda harus siap merogoh kocek lebih dalam.

Kayu Kelapa
Material jenis ini juga tidak kalah oke dengan kualitas kayu jati. Kayu kelapa terkenal kuat, tahan panas dan air hujan, dan badannya mudah untuk didapatkan. Akan tetapi, jika dilihat dari segi kualitas, material dengan serat yang berupa garis-garis pendek ini peringkatnya masih dibawah kayu jati.

Kayu Trembesi
Kayu trembesi merupakan material yang tepat jika anda memiliki dana yang terbatas namun tetap ingin memiliki sebuah gazebo. Material jenis ini memiliki harga yang terjangkau. Teksturnya yang unik juga dapat memberikan nilai estetis tersendiri untuk gazebo anda.

Kayu Merbau
Kayu merbau terkenal memiliki sifat yang kuat, tahan lama, stabil, dan keras. Jenis kayu yang satu ini juga telah terbukti tahan akan gangguan serangga. Secara kualitas, kayu jati hanya sedikit lebih unggul dari merbau. Jadi tidak heran jika jenis kayu ini sudah banyak digunakan di banyak negara beriklim tropis, seperti Indonesia.
Kayu merbau bisa jadi pilihan yang tepat bagi anda jika anda ingin menghadirkan nuansa yang hangat pada gazebo di hunian anda karena warnanya yang cokelat kemerahan.

Kayu Sonokeling
Material ini memiliki serat yang indah berwarna ungu dengan gurat hitam atau hitam keunguan, menjadikan gazebo anda sangat unik dan cantik jika dibangun dengan kayu jenis ini. Karakteristik kayu sonokeling antara lain awet dan kuat, sehingga cocok untuk digunakan di gazebo yang letaknya di luar ruangan. Sayangnya, jenis ini sulit didapatkan di pasaran.

 

Sumber: Tabloid Rumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel