329 Jum'at, 03 Oktober 2014 | 03:41:25

Tips Tepat Memilih Keramik

tips-tepat-memilih-keramikSBH SG

Penutup dinding dan lantai dari bahan keramik hadir dengan berbagai pilihan untuk tekstur, warna, motif, ukuran, daya tahan, sampai ke peruntukan ruangannya. Karena luasnya pilihan yang tersedia, anda diharuskan untuk cermat sebelum memutuskan mana yang akan anda gunakan. Berikut adalah beberapa tips yang telah Peluang Properti rangkum khusus untuk anda para pembaca setia.

Ukuran
Keramik dibagi menjadi dua dimensi ukuran. Ukuran kecil berukuran mulai dari 20x20 hingga 30x30. Sementara keramik berukuran besar mulai dari 50x50 sampai dengan 120x60. Keramik kecil dapat menghadirkan kesan luas pada ruangan, namun tetap penuh karena ukuran keramiknya yang kecil. Sementara itu, keramik ukuran besar akan menghadirkan kesan yang serupa tanpa membuat ruang terlihat penuh. Hal inilah yang membuat keramik berukuran besar lebih digemari. Untuk rumah berukuran di atas 60 m2, keramik berukuran besar dapat digunakan. Namun untuk rumah dengan ukuran dibawah itu, atau pada apartemen mungil, baiknya yang digunakan adalah ukuran 40x40.

Tekstur
Biasanya, tekstur keramik disesuaikan dengan peruntukannya untuk ruangan apa. Untuk tekstur yang glossy atau mengilap, biasanya digunakan untuk area dalam ruang karena terkesan mewah dan sifatnya yang mudah untuk dibersihkan. Tekstur matte (anti slip) memiliki tekstur yang lebih kasar dari glossy dan memiliki sifat yang anti licin, tahan gesekan, dan tidak cepat kotor. Tekstur yang satu ini banyak digunakan untuk kamar mandi. Tekstur rustic (kasar) memiliki permukaan yang jauh lebih kasar dari mate, biasanya digunakan pada garasi atau teras.

Motif dan Warna
Sampai saat ini tren warna keramik masih seputar warna-warna natural dan netral seperti putih, abu-abu, cokelat dan motif yang berbau alam seperti motif kayu, batu, mutiara, dan lain sebagainya. Untuk mengejar efisiensi, penggunaan satu jenis warna di dalam ruangan yang sama akan membuat ruangan terlihat lebih menyatu. Jika anda menginginkan untuk mempertegas perbedaan antar ruangan, anda dapat menggunakan warna yang berbeda untuk tiap-tiap ruangan. Penggunaan warna terang yang mencolok dapat digunakan untuk ruangan yang ada di dalam rumah seperti kamar mandi, dapur, dan kamar tidur. Sementara warna-warna yang gelap, cocok digunakan di ruangan yang ada di luar rumah seperti teras dan balkon.

Untuk memberikan kesan yang tidak biasa, anda dapat menggunakan warna dan motif dinding maupun lantai keramik yang tidak biasa. Pilihan yang luas akan membuat anda mengasah kreatifitas anda untuk memadupadankannya. Mulai dari motif kotak, garis, mozaik, sampai ke flora, angka, huruf, buah, fauna, dan kombinasi diantaranya. Perkembgangan teknologi digital printing juga memungkinkan anda untuk menggunakan gambar apapun yang anda inginkan sebagai keramik anda, mulai dari pemandangan sampai foto idola.

Daya Tahan
Berkat teknologi yang semakin canggih, baik keramik maupun homogenous tile secara struktur dapat didesain lebih kuat dengan diberikannya lapisan pelinding dari kotoran dan noda sehingga mudah dibersihkan. Secara keseluruhan, homogenous tile terbilang lebih tahan lama dari keramik karena proses produksinya sama seperti proses pembentukan batu alam seperti granit dan marmer. Maka dari itu, cara membersihkannya pun juga sama seperti cara membersihkan batu alma lainnya yaitu dengan cara disemir dengan pasta atau cairan khusus.

 

Sumber: Housing Estate

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel