160 Sabtu, 27 September 2014 | 02:06:36

Perhatikan Ini Sebelum Renovasi Kamar Mandi!

perhatikan-ini-sebelum-renovasi-kamar-mandiShutterstock

Renovasi tidak bisa dilakukan sembarang, meskipun itu hanya renovasi kamar mandi. Beberapa hal harus lebih dahulu dipertimbangkan sebelum renovasi dimulai, seperti dana, produk dan bahan material yang tepat untuk digunakan, dan penataan ruangannya sesuai lahan yang tersedia. Yuk, kita intip ulasan yang telah dirangkum Peluang Properti berikut ini!

H- 6 Bulan
Sebelum anda memulai semuanya, lebih baik anda gunakan media-media yang tersedia mulai dari cetak hingga maya untuk mencari inspirasi untuk kamar mandi anda. Dari situ anda sudah dapat mulai mengira-ngira bahan apa yang akan digunakan, warna apa, dan penataannya.

H- 3 Bulan
Mulailah memperkirakan dana untuk renovasi. Asumsikan 2/3 dari keseluruhan anggaran untuk pekerja. Anda juga sudah mulai bisa mencari tahu harga untuk material dan perabotan yang anda inginkan. Untuk lebih mudah, anda dapat memberikan gambar inspirasi yang telah anda miliki ke kontraktor, sehingga kontraktor dapat memperkirakan harganya untuk anda.

H- 2 Bulan
Mulailah membeli keramik dan perlengkapan yang diperlukan. Lakukan pemesanan keramik setidaknya 8 minggu sebelum pengerjaan dimulai. Pastikan barang-barang yang diperlukan telah tersedia saat kontraktor membutuhkannya.

H- 1 Bulan
Bersihkan kamar mandi anda sebelum nantinya akan direnovasi. Pindahkan barang-barang pribadi anda seperti peralatan mandi, tissue, gantungan baju, dan lain-lain ke tempat penyimpanan sementara. Mulailah memilih warna dan merk cat yang akan anda gunakan, baiknya lakukan ini setelah keramik terpasang, agar penyesuaian warna dapat dilakukan lebih mudah.

Hari H
Pastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Jika ada keterlambatan pada jadwal yang sudah dibuat, jangan panik, fleksibel-lah dalam mengevaluasi tenggat waktu penyelesaian renovasi. Baiknya, pekerjaan renovasi diawasi secara berkala, dan periksa kembali hasil pekerjaan ketika renovasi telah selesai.

Sumber: Elle Decor

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel