699 Sabtu, 06 September 2014 | 01:44:31

Penempatan Dapur Di Depan

penempatan-dapur-di-depantabloidrumah

Sudah terlanjur menjadi imej yang melekat bahwa dapur dicap sebagai daerah belakang, mengacu pada rumah-rumah tradisional yang biasanya memiliki lahan cukup luas di area belakang. Umumnya tempat masak-memasak itu dibiarkan tampak berantakan dengan alasan tidak akan terlihat tamu. Terlebih bila yang berkutat di area dapur hanya pembantu rumah tangga, makin wajar bila dapur tidak terurus pemilik rumah.

Kini kita dapat meluruskan persepsi tersebut. Posisi dapur layak dipertimbangkan ada di bagian depan rumah, menjadi area yang mudah terlihat dan terkontrol oleh penghuni rumah. Seperti di apartemen yang kompak. Pada dasarnya dapur bisa dimasukkan ke dalam area servis yang dekat dengan kamar pembantu, tempat mencuci, jemur, serta garasi. Bisa juga dikelompokkan ke daerah dalam yang berdampingan dengan ruang makan.

Peletakan di depan bukan berarti harus frontal terlihat waktu kita membuka pintu utama. Tetapi bisa terletak di samping depan sejajar garasi dengan pintu terpisah dengan pintu utama. Di ruang dalam, posisi dapur contohnya terletak disamping ruang tamu atau ruang keluarga.

Desain dapur secara umum tidak ada yang harus diubah, namun cara memakai, mengatur, serta merawatnya yang disesuaikan. “Paradigmanya yang diubah. Biasanya dapur dianggap kotor, ketika ditaruh di depan tinggal dipaksa harus selalu bersih dan rapi,” ucap arsitek Ahmad Djuhara.

Sirkulasi udara

Menempatkan dapur di bagian depan dapat menjadi solusi pada rumah di lahan terbatas. Dapur memerlukan ventilasi udara yang cukup untuk mengeluarkan asap dari masakan atau melepas kebocoran gas yang mungkin timbul. Dengan memindahkan dapur ke area depan yang dapat terkoneksi langsung dengan area terbuka, aliran udara serta asap dijamin lebih lancar. Pemipaan buangan air limbah dapur juga menjadi lebih dekat ke arah saluran air utama komplek perumahan yang umumnya berada di depan.

Bila tersedia halaman belakang tapi tidak terlalu luas, sebaiknya tetap dipertahankan untuk memberikan view taman untuk area dalam rumah. Perluasan dapur sebaiknya mengambil sisi depan rumah sehingga taman belakang menjadi daerah privat yang dapat dinikmati tanpa terganggu aktivitas dapur.

 

 

Sumber: housing estate

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

Pencarian Artikel