344 Rabu, 03 September 2014 | 03:42:05

Loteng, Pilihan Terakhir Tambah Ruangan

loteng-pilihan-terakhir-tambah-ruanganhouzz

Bertambahnya jumlah anggota keluarga atau semakin dewasanya umur penghuni rumah adalah sebab perlunya penambahan jumlah ruang. Jika usaha perluasan ruang, baik secara horisontal atau vertikal sudah memungkinkan untuk dilakukan, Anda dapat memanfaatkan ruang di bawah atap atau yang biasa disebut loteng. Untuk hal ini, area loteng dapat dimanfaatkan sebagai tempat tidur dan ruang santai. Tetapi, terdapat beberapa hal tertentu harus dilakukan untuk menerapkan hal tersebut. Yuk kita simak berikut!

Tinggi atap harus cukup

Ketinggian atap harus menjadi pertimbangan utama. Dengan ketinggian contohnya mencapai 2,4 meter, yakni dihitung dari titik atas plafon sampai titik bawah rangka atap, sesungguhnya sudah cukup. Bila pemakai ruangan adalah anak-anak, ketinggian 2 meter juga sudah bisa dimanfaatkan untuk membuat ruangan baru.

Minimalisir panas

Anda beruntung jika rumah menghadap ke arah utara-selatan, hal tersebut memungkinkan Anda untuk bisa menjebol dinding guna diubah menjadi jendela kaca yang dapat dibuka dan ditutup. Jendela itu berfungsi memasukkan cahaya dan membuat sirkulasi udara di bawah atap berjalan lancar.

Berikutnya, pasanglah insulasi tambahan pada genteng. Untuk insulasi panas, Anda dapat memasang aluminium foil, glasswool, atau polyurethane tepat di bawah lapisan reng dan genting. Untuk gentingnya pun, Anda bisa memilih genting dengan bahan tertentu yang dapat mereduksi panas.

Kuat menahan beban tambahan

Selain ketinggian, konstruksi bangunan dan dinding atap adalah hal yang harus diperhatikan. Harus diperhitungkan barang atau perabot apa saja dan daya beratnya untuk masuk ke ruangan yang terletak di loteng ini.

Sebaiknya, gunakan material ringan. Gunakanlah kayu sebagai material lantai karena bobotnya cukup ringan ketimbang material lainnya. Tetapi, sebelum dilakukan pemasangan, ada baiknya sudah diberi anti-rayap dan di-coating.

Tangga sebagai akses

Peletakan tangga sebagai akses ke ruang di bawah atap atau loteng merupakan poin penting. Akses yang baik harus aman dan nyaman.

 

 

Sumber: tabloidrumah

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel