91 Sabtu, 16 Agustus 2014 | 12:02:15

Bermain dengan Pola dan Warna pada Interior Hunian

bermain-dengan-pola-dan-warna-pada-interior-hunianInterior Gallery Design

Tidak hanya pajangan dan furnitur dengan bentuk yang menarik saja yang dapat membuat ruangan dalam hunian anda lebih “eye-catching”, pola dan warna pada setiap elemen yang ada di ruangan juga memiliki peran yang besar dalam memberikan kesan yang menarik pada keseluruhan tampilan interior hunian anda.

Itulah mengapa anda tidak boleh menyepelekan pemilihan pola dan warna untuk hiasan interior hunian anda. Jika salah dalam pemilihannya, bisa-bisa hunian anda dapat terlihat “lebay” atau berlebihan. Dengan cara yang tepat, anda dapat menghindari kesan berlebih itu dan mendapatkan hunian yang cantik dan terlihat seimbang sebagai gantinya.

Seimbang
Menurut Kerrie Kelyy, seorang contributor di Zillow, ukuran dan desain adalah dua hal yang perlu diperhatikan sebelum anda bermain dengan warna dan pola di dalam ruangan hunian anda. Perpaduan dua elemen ini dapat menjadikan tampilan ruangan anda sempurna. Tidak perlu membatasi diri dengan satu pola, memilih banyak pola sekaligus dapat menghadirkan kesan eksentrik dalam ruangan anda, asal salah satu dari pola yang anda pilih ada yang menjadi pola utama.

60-30-10
Better Homes dan Gardens juga menyampaikan hal serupa, dan hal itu dapat diperoleh dengan mengaplikasikan aturan 60-30-10 ke dalam ruangan hunian anda. Apa itu 60-30-10?
60 adalah pengaplikasian 60 persen dari seluruh pola yang digunakan merupakan pola yang paling anda sukai. 30 adalah pengaplikasian 30 persen dari seluruh pola yang digunakan merupakan pola pelengkap, dan 10 adalah pengaplikasian 10 persen dari seluruh pola yang digunakan merupakan aksen tambahan.
Dengan pendekatan 60-30-10, dijamin pola-pola yang anda “mainkan” di ruangan anda tidak akan terlihat saling tumpang-tindih dan bertabrakan satu sama lainnya.

Serasi
Baiknya, hindari pemilihan pola yang terlihat terlalu mirip satu sama lainnya. Jangan memadukan pola bunga-bunga dengan pola bunga-bunga lainnya karena akan membuat ruangan anda terlihat penuh. Markham Roberts, seorang desainer dari House Beautiful berpendapat bahwa pola yang saling bertolak belakang, seperti pola geometris dan pola melengkung, akan menjadi paduan yang sangat manis untuk hunian anda.
“Pola lengkungan dan pola geomatris pastinya akan terlihat sangat bagus jika diaplikasikan secara bersamaan. Silahkan coba dan buktikan sendiri. Jika hasilnya tidak memuaskan, jangan takut untuk mencoba ekseperimen-eksperimen baru lainnya,” tulisnya.
Satu tambahan dari Lindsey Coral Harper, juga seorang desainer interior, adalah pola-pola yang anda pilih sebaiknya saling mendukung satu sama lain. Sebagai contoh, jika pola utama anda sudah mencolok dan ramai, sebaiknya pola pelengkap dan aksen pendukung dibuat tidak seramai pola utama.

Warna
Pemilihan warna pada pola yang anda pilih juga memiliki peran yang cukup besar sebagai pemersatu desain di dalam ruangan hunian anda. Namun, memilih warna-pun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Warna memiliki efek yang dalam pada psikologis manusia, jadi sesuaikanlah mood yang anda inginkan di hunian anda. Anda dapat memilih warna-warna cerah untuk memberikan kesan yang ceria, atau warna-warna yang gelap untuk kesan intim dan elegan.

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel