171 Rabu, 13 Agustus 2014 | 03:18:40

Tips untuk Memilih TV yang Tepat

tips-untuk-memilih-tv-yang-tepat

Saat anda ingin membeli telivi baru, hindari membeli hanya karena terburu nafsu. Bicara soal memilih, tentu ada faktor-faktor yang harus diperhatikan. Berikut beberapa tips untuk memilih TV yang bijak yang dapat membantu anda agar tidak menyesal setelah membeli.

1. Pahami Beberapa Perbedaan Jenis TV
Pertama-tama, anda harus mengerti beberapa jenis TV yang ada di pasaran, yaitu: TV Plasma, LCD, dan LED. Masing-masing jenis memiliki perbedaan yang cukup besar, yaitu:
TV Plasma, merupakan jenis TV paling murah karena teknologi yang diusungnya pun sedikit tertinggal dan terdapat beberapa fitur baru yang belum dimiliki oleh televisi jenis ini. Selain itu, TV jenis ini memiliki desain bodi yang jauh lebih tebal dibandingkan TV LCD maupun LED
TV jenis LCD dan LED, bisa dibilang seperti saudara kembar. Keduanya memiliki teknologi yang sama, yaitu layar jenis LCD. Pada  TV LCD teknologi yang digunakan adalah CCFL atau Cold Cathode Fluorescent Lamps sebagai backlight-nya. CCFL terkenal dengan sifatnya yang boros energi. Sehingga, tidak jarang pengguna TV jenis ini mengeluhkan tagihan listrik yang selalu di atas rata-rata. TV LED. Televisi jenis ini telah menggunakan LED Lamp yang jauh lebih hemat dalam konsumsi daya listrik. Sehingga akan jauh lebih ekonomis untuk semua kalangan pengguna.


2. Pertimbangkan Rasio Kontras
Pada setiap televisi terdapat kemampuan untuk menampilkan gambar dengan kontras cerah dan gelap dalam waktu bersamaan yang dinamakan  Rasio Kontras. Semakin tinggi rasio kontras yang dimiliki sebuah TV menyebabkan kualitas gambar yang mampu ditampilkannya akan semakin tinggi. Pilihlah televisi yang menawarkan rasio kontras yang tinggi, sehingga akan memberi kepuasan yang lebih besar.


3. Pertimbangkan Half Life
Dalam semua kemasan produk TV biasanya ada tercantum informasi mengenai Half Life (paruh hidup). Istilah ini menjelaskan rentang waktu dimana suatu televisi hanya mampu memberikan brightness atau kecerahan layar sebesar 50% dari kemampuan yang dimiliki sebuah televisi baru. Umumnya, masing-masing televisi memiliki half life yang berbeda dan dianjurkan untuk memilih televise yang nilai half life lebih tinggi.


4. Pertimbangkan Konsumsi Listrik
Menjadi hal yang penting bagi kita semua untuk memperhatikan masalah konsumsi listrik pada sebuah televisi baru. Dari ketiga jenis televisi yang ada di pasaran, TV Plasma merupakan jenis paling boros dibandingkan yang lainnya. Sebagai gambaran, TV Plasma membutuhkan konsumsi listrik 50 persen lebih besar dari kebutuhan TV LCD. Sementara jenis paling ekonomis adalah TV LED, dimana nilai konsumsi listrik yang dibutuhkan hanya sekitar 40% dari konsumsi total yang dibutuhkan TV LCD.


5. Pertimbangkan Harga dan Pastikan Garansi TV
Beberapa tahun yang lalu, harga merupakan tolak ukur dalam membandingkan kualitas dan mutu suatu produk. Jaman sekarang, tidak selalu barang yang harganya mahal jauh lebih baik dan berkualitas dari barang sejenis yang lebih murah. Jangan tergiur dengan televisi yang dikemas apik tetapi beharga mahal.  Pastikan TV yang anda beli memiliki garansi minimum satu tahun dan ketika anda membawa pulang telivisi anda, pastikan di dalamnya sudah ada garansi resmi dari sang vendor.


6. Perhatikan Lokasi Service Center
Setiap merek TV memiliki kantor service center-nya masing-masing. Hal ini masih berkaitan dengan masalah garansi. Belilah televisi yang memiliki garansi resmi serta tersedia kantor service center yang cukup dekat dengan rumah Anda.

 

Sumber: Peluang Properti

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel