249 Kamis, 17 Juli 2014 | 03:44:03

Dinding Tanaman Sebagai Penyejuk Rumah

dinding-tanaman-sebagai-penyejuk-rumahblogspot bhuana2601

Bagi rancangan rumah untuk daerah yang beriklim tropis, terkadang kita membutuhkan secondary skin agar cahaya matahari tidak langsung masuk ke dalam rumah. Cobalah buat dinding tambahan yang dikombinasikan dengan tanaman, sebuah dinding tanaman. Selain berguna melindungi dari terik sinar matahari secara langsung, dinding tanaman juga akan menyejukkan rumah dan hobi bercocok tanam pun tersalurkan.

Anda juga bisa mencoba untuk mengganti pagar dengan tanaman. Selain akan indah dipandang mata, pagar tersebut juga dapat menyaring udara kotor dan menyerap zat karbondioksida. Sehingga, udara yang masuk ke dalam rumah akan terasa lebih segar dan bersih. Tetapi agar tetap aman, padukan bagian pagar dengan material lain seperti beton, besi, atau kayu.

Anda juga bisa menanam pohon di pekarangan rumah. Peletakkan dinding tanaman yang tepat berguna melindungi rumah dari panasnya sengatan matahari.

Pemilihan pohon juga harus tepat. Hendaknya pilihlah pohon dengan banyak cabang serta dahan dan rantingnya tidak mudah patah. Pohon yang biasa digunakan antara lain, mahoni, tanjung, dan asam. Serupa dengan dinding tanaman dan pagar tanaman, pohon yang ditanam di pekarangan rumah berfungsi menyerap zat karbondioksida.

Perindah balkon Anda dengan tanaman. Dengan menaruh tanaman di balkon, udara di sekitar bisa terasa lebih sejuk dan balkon akan terlihat lebih cantik. Jangan lupa untuk memilih tanaman yang cocok dengan keadaan balkon. Bila balkon Anda cukup mendapat sinar matahari, tanaman berbunga tepat untuk dijadikan pilihan. Bila kurang sinar matahari, tanaman berdaun indah seperti anturium cocok dipilih.

Semua memang membutuhkan waktu khusus untuk merawatnya. Namun, tidak ada salahnya untuk dicoba. Selain tidak memerlukan biaya yang mahal, dinding tanaman juga dapat menyejukkan rumah serta indah dipandang mata.

 

 

 

Sumber: Kompas

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel