608 Jum'at, 27 Juni 2014 | 02:55:56

Fungsi Penyekat Ruangan

fungsi-penyekat-ruanganAdas 2 Cents

Dinding merupakan pembatas ruang yang memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya yang bersifat masif. Biasanya, jumlah ruangan dalam sebuah hunian sudah direncakan mulai dari pembangunan baru akan dimulai.
Seiring dengan berjalannya waktu, anda mungkin saja membutuhkan tambahan ruangan yang di luar rencana anda. Jika membangun ruangan tambahan terkesan merepotkan, anda cukup membagi ruangan anda yang cukup luas menjadi dua bagian.

Ini-lah fungsi utama penyekat ruang atau partisi ruangan. Dengan memiliki fungsi yang sama seperti dinding, penyekat ruangan selain dianggap lebih praktis untuk menambahkan ruangan di dalam hunian anda, juga dianggap memberikan nilai tambahan pada dekorasi interior rumah anda. Batas yang dapat diganti-ganti ini juga memudahkan anda untuk memenuhi selera anda jika anda mulai merasa bosan.


Dengan menggunakan partisi ruangan, anda dapat menciptakan privasi yang baru tanpa repot-repot membangun ruangan atau dinding baru lengkap dengan pintunya. Bayangkan saja, jika rumah anda sedang kedatangan tamu penting dan keluarga sedang makan malam di meja makan dan ruangan tersebut tergabung menjadi satu tanpa penyekat. Pastinya suasana akan menjadi kikuk. Secara psikologis, penyekat ruangan juga akan membuat kita merasa nyaman serta terlindungi.


Selain bentuknya yang sangat bervariasi, material yang digunakan untuk membuat partisi ini pun semakin beragam. Bahkan ada yang multi-fungsi sebagai tempat penyimpanan barang, seperti lemari penyekat, ataupun rak buku penyekat. Selain itu, anda juga dapat menggunakan buffet, meja konsol, atau akuarium untuk memisahkan ruangan di rumah anda. Biasanya penyekat yang multifungsi ini banyak digunakan di hunian yang mungil.


Selain untuk memisahkan ruangan, sekat juga dapat berfungsi untuk menutupi kecacatan pada dinding, atau bagian dari ruangan yang memang ingin anda sembunyikan. Misalnya kolong tangga, atau cat yang mengelupas pada sudut dinding anda. Partisi jenis sketsel (berlipat) dapat membantu anda dengan lipatannya yang banyak.


Sumber: Seri Rumah Ide Sekat dan Partisi, Imelda Akmal Architecture Writer Studio, Gramedia Pustaka Utama

📄 View Comment

Bagikan:
Tulis Komentar

4 Komentar

  1. Ignasi Cleto Agustus 29, 12:53

    Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

    Tanggapi Komentar
    • Orange-Themes Agustus 29, 12:53

      Ad est audire imperdiet. Cum an docendi assentior. Usu inani perfecto quaestio in, id usu paulo eruditi salutandi. In eros prompta dolores nec, ut pro causae conclusionemque. In pro elit mundi dicunt. No odio diam interpretaris pri.

      Tanggapi Komentar
Lihat semua komentar

Tulis Komentar

Anda harus Login terlebih dahulu untuk dapat menulis komentar.

    Artikel Terkait

    Tidak ada artikel terkait

Pencarian Artikel